arti nama aldebaran

Nama Aldebaran saat ini tengah populer dan sering dipilih sebagai nama bayi. Tetapi banyak juga yang belum mengetahui kira-kira aldebaran itu artinya apasih dan berasal dari bahasa apa aldebaran tersebut? Yuk kita kepoin.

Arti Aldebaran

Aldebaran adalah nama dari sebuah bintang paling terang dari konstelasi Taurus. Saking terangnya kita dapat dengan mudah menemukannya di antara bintang lainnya. Aldebaran adalah bintang tua dengan ukuran sangat besar! Diameternya adalah antara 35 hingga 40 kali lebih besar daripada diameter matahari. Jika Aldebaran ditempatkan di tempat matahari sekarang, permukaannya akan memanjang hingga mencapai hampir ke orbit Merkurius.

Nama Aldebaran berasal dari bahasa Arab yang artinya “pengikut,” mungkin sebagai pemburu yang mengikuti mangsa, yang kemungkinan besar di sini adalah gugus bintang yang kita sebut Pleiades.

Karena cerah dan menonjol, Aldebaran sering digambarkan sebagai mata berapi-api Taurus si Banteng. Aldebaran dihormati sebagai salah satu dari Empat Bintang Kerajaan di Persia kuno, tiga Bintang Kerajaan lainnya adalah Regulus, Antares dan Fomalhaut.

Nah itulah arti dari Aldebaran yang mungkin akan membuat rasa penasaran kamu terobati. Sebagai sebuah nama ia ternyata berasal dari sebuah bintang paling terang, jadi ketika dipakai sebagai nama sang buah hati kita tentu berharap ia akan menjadi orang yang besar dan bersinar paling terang dalam kehidupannya.

 

comments