usaha ruko

Bagi seorang wirausahawan, tidak ada sesuatu yang lebih menarik daripada membuka pintu toko milikmu sendiri. Saat ini dunia usaha memang sedang mengalami kelesuan akibat dari pandemi yang berkepanjangan. Apalagi bagi jenis usaha yang mengharuskan bertemu muka seperti toko dan restoran. Kondisi ini tidak jarang membuat mereka harus merelakan diri untuk menutup bisnis dan menjual aset yang dimiliki.

Jual Ruko adalah salah satu opsi yang mungkin mereka lakukan untuk menekan kerugian. Cukup disayangkan, tetapi disisi lain, kondisi ini merupakan kesempatan emas untuk mendapatkan ruko strategis dengan harga yang terjangkau. Kapan lagi mendapatkan harga properti yang affordable, bukan?

Para pengamat optimis jika tahun 2021 ini, kondisi ekonomi akan semakin membaik. Sekarang vaksinasi sudah dimulai yang tentunya diharapkan akan membuat kondisi segera kembali normal. Usaha akan kembali bergairah dan memutuskan untuk membuka usaha bisa menjadi langkah yang bijak.

Punya ruko bingung mau usaha apa? Tenang dibawah ini adalah beberapa ide usaha populer yang akan relatif mudah dijalankan dan memiliki prospek yang cerah.

Ide Usaha Untuk Ruko

1. Restoran Kecil Kekinian

Restoran yang sukses tidakselalu harus besar. Tetapi Restoran kecil justru memiliki banyak keunggulan dibandingkan restoran besar karena menawarkan suasana yang lebih hangat dan lebih intim. Restoran kecil harus bisa menawarkan pengalaman bersantap yang unik dan rasa eksklusivitas yang menarik bagi pelanggan.

Dari segi biaya, Kita hanya membutuhkan lebih sedikit modal awal untuk peralatan, menggaji lebih sedikit staf, dan lebih murah dalam hal utilitas dan pemeliharaan. Bahkan dengan jumlah tempat duduk yang sedikit, restoran yang lebih kecil masih dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

2. Kafe

Kafe kini tidak bisa dipisahkan dengan gaya hidup kekinian. Kafe adalah tempat yang tepat untuk bersosialisasi dan hangout bersama teman. Kafe juga merupakan tempat yang disukai jika ingin merasakan ketenangan, menghabiskan waktu untuk membaca buku atau menjelajahi internet sambil menikmati secangkir kopi dan makanan ringan.

Menyulap ruko menjadi kafe tidaklah sulit, bahkan dengan space terbatas sekalipun bisa menjadi kafe hits yang digemari pelanggan. Yang terpenting adalah servis produk dan tempat yang nyaman dan cozy.

3. Barbershop

barbershop

Terlihat rapi dan menarik tidak lepas dari rambut yang tertata rapi. Untuk itu, setiap orang butuh pergi ke barbershop untuk memotong rambut. Bahkan untuk seorang pria bisa melakukannya sebulan sekali atau dua bulan sekali.

Ini adalah bisnis yang tidak akan pernah sepi dan terus berkelanjutan. Dengan lokasi ruko yang strategis, membuka barbershop adalah ide bisnis yang sangat tepat. Ketika pelanggan mulai berdatangan, maka usaha ini akan bisa survive dalam waktu yang lama.

4. Pet Shop

Siapa yang tidak ingin hewan yang dimilikinya tetap sehat, bukan? Kucing, Anjing dan bahkan Ikan Cupang yang saat ini sedang populer juga membutuhkan produk terbaik agar selalu terlihat sehat dan menggemaskan.

Membuka ruko untuk menyediakan produk perawatan hewan merupakan ide yang bagus untuk dicoba. Apalagi jika kamu berada di kota kecil yang notabene masih jarang ditemukan pet shop. Mulai dari makanan, aksesoris, obat dan vitamin merupakan produk yang selalu dicari oleh para pemilik hewan peliharaan.

5. Menjual Peralatan Hobi

Saat pandemi seperti sekarang ini, orang-orang memiliki banyak waktu luang untuk menekuni hobi yang mereka punya. Seperti hobi berkebun yang saat ini sedang booming. Menjual tanaman hias serta aksesoris yang dibutuhkannya seperti pot, gunting tanaman, alat siram adalah ide bisnis yang menjanjikan.

Selain itu masih banyak hobi lain yang juga memiliki prospek cerah seperti menjual alat pancing, toko buku, mainan. Yang terpenting kita hars jeli dalam menangkap peluang yang ada.

Tantangan Membuka Usaha di Ruko

kawasan ruko

Apa pun jenis usaha yang Kita geluti, memulai bisnis untuk pertamakali memang tidak pernah mudah. Termasuk juga membuka usaha di ruko, ada banyak hal yang harus dilakukan dan dipantau. Namun begitu kita harus optimis dan pastikan untuk menikmati setiap prosesnya.

Memilih lokasi, menyempurnakan produk dan pelayanan pada pelanggan merupakan hal yang utama. Tetapi selain itu, kita juga jangan melupakan langkah-langkah kecil yang penting untuk membangun kesuksesan bisnis. Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

Buat Goal dan tujuan

Dalam setiap usaha kita harus memiliki tujuan dan milestone yang harus dilewati. Hal ini penting agar ada misi yang terus kita lihat kembali saat mengembangkan bisnis. Menjaga pola pikir sebagai wirausahawan juga penting agar Kita tetap kompetitif dan mengingat alasan ketika memulai bisnis.

Ketahui cara mempresentasikan bisnis

Kita harus dapat dengan mudah dan ringkas memberi tahu orang-orang dalam waktu singkat mengapa Kita membuka toko. Beri tahu orang-orang bagaimana bisnis yang dijalankan berbeda dengan dengan pesaing dan memiliki nilai tambah bagi pelanggan.

Cari tahu kondisi keuangan

Sebelum memutuskan untuk membuka usaha, perhatikan baik-baik apa yang diperlukan untuk mendukung operasional setidaknya selama enam bulan. Selama masa merintis ini kita fokus mencari pelanggan dan membuat usaha berjalan secara berkelanjutan.

Lakukan pembukuan dengan detail, dan tidak ada salahnya menggunakan software akuntasi untuk melakukannya. Kita bisa dengan mudah melakukan kontrol penjualan dan stok. Sebagai pemilik bisnis, waktu tidak hanya berharga, tetapi juga terbatas jadi melakukan pembukuan dengan cepat sangatlah penting.

Servis pelanggan Dengan Baik

Lebih baik memiliki sedikit produk dan fokus memberikan layanan pelanggan yang maksimal akan membuat bisnis cepat berkembang. Dengan memberi pelanggan pengalaman unik yang tidak dapat mereka dapatkan di tempat lain akan membuat mereka datang lagi ke tempat usaha kita.

Jadi sebelum membuka usaha, buatlah rencana dan strategi yang solid tentang cara memaksimalkan pengalaman pelanggan yang luar biasa yang unik. Karena hal itu memungkinkan adanya rekomendasi dan promosi dari mulut ke mulut yang sangat efektif.

Temukan lokasi strategis

Lokasi adalah kunci dalam setiap usaha, untuk itu pastikan Ruko yang di incar memiliki banyak lalu lintas baik itu pejalan kaki atau kendaraan. Selain itu, dekat dengan pusat bisnis tentu akan sangat menguntungkan.

jangan lupakan untuk memilih Ruko yang memiliki bangunan yang kokoh, akses mudah, ldan ingkungan yang aman sehingga Kita dapat membuka usaha dengan tenang.

Rancang tata letak dengan tepat

Setiap tata letak toko adalah unik dan pelanggan akan berbelanja tergantung pada jenis usaha yang kita sediakan. Sebisa mungkin ciptakan lingkungan yang membuat pelanggan betah di dalam dan dengan nyaman melihat produk yang kita tawarkan.

Bangun Komunitas dengan pelanggan

Apakah dengan membuka toko pelanggan akan datang dengan sendirinya? Tentunya tidak akan semudah itu. Tidak ada salahnya kita mendekati komunitas untuk membangun jaringan dan promosi dari mulut ke mulut agar semakin dikenal. Contohnya jika membuka usaha pet shop kita bisa masuk ke komunitas pecinta hewan dan mendapatka pelanggan potensial disana.

Yuk Miliki Ruko dan Buka Usahamu Sendiri

Dengan kondisi ekonomi yang terus membaik, inilah saat yang tepat untuk mulai memiliki ruko dan membuka usahamu sendiri. beberapa ide usaha dan tips diatas semoga bisa membantumu untuk meraih kesuksesan. Tidak ada yang lebih membahagiakan selain usaha yang kita jalankan dapat terus bertumbuh dengan baik.

comments

Artikel sebelumyaTips Agar Bisa Menyisihkan Uang untuk Investasi
Artikel berikutnyaTampil Cantik di Tahun Baru dengan Dress Imlek Qipao
Seorang yang sangat suka dengan dunia internet, dan doyan nonton film korea.