berat badan ideal

Siapa yang sudah tidak tahan dengan hari-hari pandemi yang tidak kunjung usai ini? Membatasi kegiatan dan sebisa mungkin untuk dirumah saja membuat kita mudah sekali merasa bosan dan stress. Kita yang biasanya sibuk dengan aktifitas di luar rumah, kini mau tidak mau harus melakukan semuanya dari dalam rumah. Pada awalnya work from home mungkin terdengar menyenangkan, tapi cobalah mengatakannya setelah setahun berlalu. Kamu pasti akan merindukan suasana kantor yang sibuk dan teman-teman yang telah lama tidak bertemu.

Hobi Ngemil dan Kurang gerak, Awas Obesitas

mengemil
mengemil
pexel.com

Jika sudah merasa bosan, maka ngemil adalah jalan keluar yang menyenangkan untuk melupakannya sejenak. Keripik, biskuit, permen dan gorengan adalah cemilan favorit yang begitu susah untuk ditolak disaat-saat seperti ini. Peningkatan konsumsi makanan ringan ini tidak terlepas sebagai cara Kita untuk mengatasi kebosanan akibat perubahan pola hidup saat pandemi.

Selain itu karena banyak berdiam diri dirumah maka akan ada banyak kesempatan untuk makan dan ngemil. Ukuran porsi dan peningkatan jumlah kesempatan makan tampaknya menjadi masalah yang sulit di ubah. Yang perlu di ingat adalah, saat Kita banyak makan dan ngemil, maka ini berarti akan ada banyak kelebihan kalori dalam tubuh. Lalu jika lebih banyak kalori, maka berarti badan akan semakin gemuk.

Apalagi jika ditambah dengan minim gerak dan malas melakukan olahraga maka obesitas akan semakin nyata. Karena tidak memungkinkan pergi ke gym dan fasilitas olahraga umum lainnya maka ini sering kali dijadikan alasan untuk tidak melakukan olahraga sama sekali. Selain itu godaan itu tiduran di sofa sepanjang hari sambil ngemil tentu sulit untuk ditolak.

Ketahui Berat Badan ideal kamu di Calculators.org

Jika kita melakukan gaya hidup ini dalam waktu yang lama maka akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Cobalah untuk mengetahui berat badan ideal kamu dan mulai menata gaya hidup yang lebih sehat. Memiliki berat badan yang ideal tidak hanya membuat Kita terlihat lebih menarik. tetapi juga bisa membantu kita untuk bisa menikmati hidup dengan lebih berkualitas dan bebas dari penyakit.

Kelebihan berat badan meningkatkan resiko bagi kita untuk menderita berbagai penyakit. Seperti stroke, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan penyakit berat lainnya. Walaupun mungkin efeknya tidak terasa pada saat ini juga, tetapi seiring waktu itu akan membahayakan diri sendiri. Jangan sampai kita merasa menyesal saat semuanya telah terlambat.

calculators.org
hitung berat badan ideal di calculators.org

Untuk mengetahui apakah kita memiliki berat badan ideal atau tidak, kita bisa mencoba kalkulator berat badan dari https://www.calculators.org/health/ideal-weight.php. Kita bisa memasukan tinggi badan serta berat badan pada kolom yang disediakan, lalu klik “calculate“. Akan ada hasilnya tertera yang akan menunjukan apakah kita memiliki berat badan berlebih atau tidak.

Ideal body Weight atau IBW akan tertera pada bagian atas, kemudian dibawahnya ada kolom yang menyatakan bahwa berat badan kita ini berada diatas atau dibawah IBW. Orang akan dikatakan menderita obesitas jika memiliki berat badan 30% diatas IBW. Sebagai contoh tinggi saya adalah 166 cm dan berat badan saya adalah 66 KG, hasilnya adalah berat badan saya tersebut cukup ideal dengan 8.87% diatas IBW yang disarankan.

Untuk apa kita mengetahui berat badan ideal? Ini akan sangat membantu kita mencegah masalah kesehatan lebih lanjut. Jika sudah mendekati obesitas, berarti kita harus mengurangi gaya hidup yang tidak sehat. Mulai berolahraga secara teratur dan menjaga pola makan yang seimbang.

Hindari Obesitas, Ini Tips Ngemil sehat di Masa Pandemi

olahraga
pexel.com

Kondisi Pandemi yang belum usai menag sulit untuk mengubah kebiasaan ngemil, namun ini adalah beberapa tips yang mungkin akan berguna agar tubuh tetap sehat dan tidak obesitas. Sebagai upaya pencegahan obesitas kita harus fokus mengurangi jumlah serta ukuran porsi cemilan dalam sehari.

1. Ambil jeda

Sebelum memutuskan untuk meraih camilan, ada baiknya kita memikirkan sejenak apakah kita benar-benar merasa harus memakannya? Jangan karena tidak ada kegiatan terus kita makan sesukanya. Buatlah skala lapar kita sendiri, misalnya, jika hanya merasa bosan dan bukan merasa lapar kita mungkin hanya membutuhkan sepotong buah dengan segenggam kecil kacang sebagai cemilan.

2. Jangan melakukan banyak hal saat ngemil.

Saat ngemil, cobalah mengunyah secara perlahan dan nikmati setiap gigitannya. Ini akan membantu kita untuk merasakannya dengan lebih menyenangkan. Kita tidak hanya lebih mampu menghargai rasa dan tekstur makanan, tetapi kita juga bisa dengan mudah menentukan kapan kita merasa sudah cukup dan memutuskan berhenti.

Jika memungkinkan, jangan lakukan ngemil saat sedang mengerjakan sesuatu, seperti bekerja didepan layar komputer atau scroll sosial media. Berhenti sejenak dari semua hal digital itu juga dapat membuat Kita lebih tenang.

3. Pilih camilan sehat

cemilan sehat
pexel.com

Pilihlah camilan yang lebih sehat, hal ini seperti buah dan sayuran. Selain itu letakkan mangkuk berisi buah dan sayuran favorit ditempat yang mudah dijangkau. Hal ini akan membuat kita lebih cenderung mengambilnya saat menginginkan camilan.

4. Kurangi Porsi

Mengurangi porsi dapat membantu kita menikmati makanan favorit tanpa berlebihan. Menempatkan camilan di piring yang lebih kecil dapat membantu untuk mengontrol jumlah makanan yang kita makan.

Kesehatan adalah hal yang paling berarti dalam kehidupan ini. Jangan sampai karena gaya hidup dan gaya makan yang tidak teratur kemudian kita menjadi sakit. Selama masa pandemi tetaplah bergerak dan berolahraga. Jaga tubuh tetap berada dalam kisaran idealnya agar senantiasa sehat.

comments