game 90an

Menjadi bagian dari anak-anak generasi 90an merupakan hal terbaik yang pernah kami alami. Kenapa begitu? Saat itu kami mungkin belum mengenal Internet, tetapi kita justru tumbuh selama pergantian era teknologi yang menarik. Ini berarti kami adalah generasi pertama yang melewati zaman analog hingga kemudian menikmati lompatan teknologi serba digital seperti sekarang.

Gimbot, Kami yang Penuh Nostalgia

Saat itu memang belum ada smartphone, atau bahkan console game seperti nitendo ataupun playstation. Tetapi kami di tahun 90an juga memiliki alat gaming yang tidak kalah serunya. Inilah gimbot yang bagi kami dulu sudah seperti layaknya sebuah perangkat canggih yang tidak tergantikan.

Gimbot bukanlah console dari pabrikan besar layaknya gameboynya nintendo, Kita justru tidak pernah tau darimana dia berasal. Layarnya kecil, tidak berwarna sama sekali. Dibagian bawah ada beberapa tombol yang bisa berfungsi sebagai kontrol selama permainan berlangsung. Ketika dihidupkan, suara nyaring terdengar dengan nada mononya yang begitu memorable. Memainkannya sepanjang hari sambil bergerombol adalah nostalgia paling diingat dari era 90an.

Inilah Tetris

Ada beragam game legendaris yang tersedia di dalam gimbot. Bahkan konon ada 999+ game dalam satu perangkat. Kami tidak pernah tau pasti, tetapi ada satu game yang tidak pernah ketinggalan, yaitu Tetris. Game menata batu bata ini tidak ada bosan-bosannya untuk dimainkan menemani hari-hari kami saat itu.

alexey pajitnov
alexey pajitnov dan tampilan awal tetris

Hingga saat ini Tetris mungkin adalah game yang paling sukses sepanjang masa. Sejak pertama kali di ciptakan 37 tahun lalu, tepatnya pada tahun 1984, Tetris telah mengalami banyak sekali modifikasi dan masih tetap digemari. Alexey Pajitnov adalah sosok dibalik game legendaris ini. Ia merupakan seorang pekerja dari Pusat Komputer Dorodnycin di Akademi Sains Uni Soviet.

Terinsipirasi dari permainan teka-teki di masa kecilnya, Alexey Pajitnov kemudian merancang game tersebut menurut pemrograman komputer. Pada awalnya game ini sangat sederhana, dan bahkan belum memiliki gambar sehingga harus menggunakan huruf untuk membedakan bentuk-bentuknya. Ia lalu menyempurnakan permainan tersebut agar bisa dikontrol dan diputar seperti Tetris yang kita kenal saat ini.

tetris 1984
tampilan awal tetris

Game ini pada awalnya kesulitan untuk dipublikasikan, mengingat dulu negara Uni Soviet masih dalam suasana perang dingin. Namun untungnya Uni Soviet akhirnya mendukung setelah mengetahui bahwa game ini malah dibajak oleh negara barat. Tetris memulai titik balik kepopulerannya saat mengikuti Consumer Elektronik Show di Los Angeles pada tahun 1988.

gameboy nintendoNintendo berhasil memiliki hak cipta Tetris pada tahun 1989, ini merupakan keputusan yang sangat tepat karena membuat Game Boy besutannya suskes besar.

Tetris, Game yang Bikin punya sederet manfaat

Menata balok dengan berbagai bentuk agar selaras merupakan ide sederhana dari tetris. Ketika mulai dimainkan, game ini rasanya sangat susah untuk dihentikan. Kita akan selalu merasa penasaran untuk menyusun balok-balok tersebut dan mencetak skor lebih tingi dari sebelum-sebelumnya. Game ini tidak memiliki ujung karena selalu ada balok yang datang untuk kita atur.

Menariknya Tetris tidak hanya menyenangkan untuk dimainkan tetapi juga memiliki beragam manfaat bagi kerja otak. Bahkan menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa memainkan game tetris 1.5 jam perminggu selama tiga bulan akan mampu mengatasi stress pasca trauma dan membuat otak bekerja lebih efisien. Selain itu, karena berbasis visual Tetris juga bisa meningkatkan konsentrasi dan memaksa kordinasi mata yang lebih baik.

Nostalgian Mainkan Tetris Langsung di Browser lewat Plays.org

Walaupun kini game telah berkembang sebegitu pesatnya, tetapi tetap saja seringkali kita merasa rindu untuk memainkan game-game lawas yang begitu memorable. Kita memainkannya bukan hanya karena ingin tetapi juga karena ada rasa nostalgia yang akan begitu menyenangkan ketika dimainkan kembali.

Nah bagi kamu yang ingin memainkan game tetris ini bisa langsung mengunjungi plays.org. Sebuah situs berbasis HTML 5 yang menyajikan game-game lawas yang akan memanjakan rasa kanak-kanak kamu. Kita tidak perlu menginstall apapun, karena game akan berjalan begitu kita mengklik halamannya. Untuk kontrolnya pun menggunakan keyboard.

super tetris

Supert Tetris yang bisa dimainkan di sini https://plays.org/super-tetris/ merupakan salah satu versi yang lebih modern dari Tetris. Tiles yang ditampilkan memiliki beragam warna yang terlihat lebih atraktif,. Tapi tenang saja jika soal pengalaman bermainnya, Super Tetris benar-benar terasa seperti Tetris yang kita mainkan dulu waktu kecil.

Nostalgia di Plays.org

Selain Tetris, ada banyak game nostalgia yang bisa kita mainkan di Plays.org. Semuanya bisa dimainkan langsung dari browser, bahkan jika diakses melalui smartphone sekalipun. Kita tidak perlu repot mendownload dan install gamenya, hanya perlu klik and play, semudah itu saja.

Bukan hanya bagi mereka yang mengalami masa emas 90an, game-game ini juga bisa dinikmati oleh mereka yang belum pernah memainkannya sekalipun. Ajaklah anak atau keponakan untuk merasakan keseruan ala 90an, mereka mungkin akan sangat menyukainya.

comments