startup

Pemerintah Indonesia saat ini tengah mendorong untuk lahirnya startup-startup baru. Hal ini dilakukan karena pemerintah menyadari potensi ekonomi yang sangat besar dari dunia digital. Untuk mendukung hal tersebut, pemerintah menggagas “Startup Studio” yang saat ini telah masuk batch ke 2 mengajak para pemilik startup yang masih baru untuk mendapatkan banyak ilmu dari coach berpengalaman di bidang bisnis startup.

Program Startup Studio sendiri merupakan sebuah program yang dibuat oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Tujuan program ini adalah untuk mengembangkan startup yang ada di Indonesia yang masih ada dalam tahapan Angle hingga series-A.

Untuk informasi lebih jelasnya, mari kita bahas seputar program yang ada dalam acara Startup Studio di bawah ini.

Program-program Startup Studio

Program Startup Studio ini terdapat 2 program utama yang bisa dipilih. Di antaranya:

1. Founder’s Camp

startup studio founderFounder’s Camp merupakan serangkaian pelatihan yang membahas tentang mentoring dan brainstroming dari para pelaku bisnis startup yang sudah berpengalaman. Tujuan utama dari program pelatihan ini adalah mengajarkan ilmu praktis yang wajib dikuasai oleh para founder dari startup agar bisa mengembangkan skala bisnis yang mereka miliki.

Topik yang dibahas dalam program Founder’s Camp sendiri ada banyak, misalnya:

  • Product Strategy
  • Leadership
  • Customer Experience
  • Marketing and Growth Hacking
  • Fundraising

Program Founder’s Camp akan berlangsung selama 5 hari. Pelatihan ini bisa diikuti secara online maupun offline oleh para founder. 

2. 1-on-1 Coaching

Program yang berikutnya ini merupakan salah satu rangkaian pelatihan yang paling penting untuk para founder startup baru di Indonesia. Namanya adalah 1-on-1 Coaching, dimana setiap coach yang berpartisipasi dalam program buatan Kominfo ini akan memberikan penjelasan dan mentoring kepada para peserta.

1-on-1 Coaching merupakan sesi privat per-startup yang berfokus membahas strategi pengembangan produk untuk mencapai product market fit, growth marketing, strategi pengembangan skala bisnis, dan strategi pengembangan teknologi.

Kominfo sudah bekerja sama dengan lebih dari 60 praktisi dari berbagai macam bisnis startup yang ada di Indonesia. Setiap peserta yang mendaftar nantinya juga akan dikurasi agar program pelatihan yang diberikan bisa lebih terarah sesuai dengan kebutuhan startup tersebut.

Program 1-on-1 Coaching ini akan berlangsung selama 7 minggu. Pastikan Anda sudah meluangkan waktu untuk mengikuti seluruh sesi pelatihan yang tersedia.

Kapan Pelatihan Startup Studio Indonesia Dimulai?

Startup Studio Indonesia akan digelar selama kurang lebih 4 bulan, dari tanggal 19 April 2021 hingga 16 Juli 2021. Program ini bisa diikuti oleh founder dari semua jenis startup. Jadi, jangan ragu untuk mencoba berpartisipasi dalam acara pelatihan ini. Nantinya, panitia akan menentukan mana coach yang tepat sesuai dengan sektor, tahapan bisnis, dan model startup yang Anda miliki.

Itulah dia sedikit penjelasan mengenai program Startup Studio Indonesia yang digelar oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika. Jangan lupa, program ini bisa diikuti secara gratis, tanpa dipungut biaya apapun.

comments

Artikel sebelumyaTips dan Manfaat dari Pijat Laktasi Bagi Ibu Menyusui
Artikel berikutnyaSinopsis dan Detail Film Korea Aloners
Seorang yang sangat suka dengan dunia internet, dan doyan nonton film korea.