massage payudara

ASI memberikan nutrisi yang ideal untuk bayi, kandungan vitamin, protein, dan lemaknya sangat sempurna untuk memenuhi semua kebutuhan bayi untuk tumbuh. Dan itu semua diberikan dalam bentuk yang lebih mudah dicerna jika dibandingkan dengan susu formula.

Selain itu, ASI juga bisa membuat bayi menjadi lebih tahan karena mengandung antibodi yang bagus untuk menimalisir virus dan bakteri. Bahkan menurut penelitian, menyusui dapat menurunkan risiko bayi menderita asma atau alergi. Selain itu, bayi yang mendapat ASI eksklusif selama 6 bulan pertama, tanpa susu formula, bisa lebih tahan terhadap penyakit pernapasan, dan serangan diare.

Menyusui telah banyak diteliti juga dapat menumbuhkan kecerdasan sehingga sang buah hati memiliki skor IQ yang lebih tinggi di masa kanak-kanak. Terlebih lagi, kedekatan fisik, sentuhan kulit ke kulit, dan kontak mata membantu bayi kita terikat secara batin dengan sang Mama. Dengan nutrisi yang tepat, Bayi yang disusui dengan ASI memiliki berat yang ideal dan dapat menurunkan risiko obesitas.

Tips Agar ASI Lancar

Menyusui adalah salah satu momen tidak terlupakan dari rangkaian merawat sang buah hati. Nah bagi para ibu yang baru memiliki momongan untuk pertamakali mungkin akan sedikit kaget karena ada beberapa masalah yang bisa muncul selama menyusui. Mulai dari masalah produksi ASI, seperti produksi ASI yang terlalu sedikit atau terlalu banyak, hingga saluran ASI yang tersumbat. Semua ibu baru perlu mengetahui cara menanganinya agar senantiasa bisa memberikan yang terbaik untuk sang bayi.

Salah satu trik yang akan membantu untuk mengatasi sebagian besar masalah menyusui ini adalah dengan pijat laktasi. Ini sangat sederhana sehingga bisa melakukannya sendiri. Yang dibutuhkan hanyalah sedikit pengetahuan dan kemudian mencobanya.

Tips massage payudara yang digunakan sama dengan pijat payudara pada umumnya, namun memiliki banyak manfaat bagi ibu yang sedang menyusui. Pijat laktasi sering kali dilakukan setelah seorang wanita melahirkan dan payudaranya mengalami pembengkakan.

tips massage payudara

Manfaat Pijat Laktasi

Berikut beberapa manfaat Pijat Laktasi untuk ibu menyusui:

1. Nutrisi ASI Lebih Lengkap

Ibu menyusui yang melakukan massage selama 30 menit 2x sehari akan memiliki ASI yang lebih bernutrisi. Kadar natriumnya berkurang, sementara nutrisi baik seperti lipid dan kasein akan meningkat.

2. Menyusui tidak Terasa Sakit

Massage laktasi bisa mengurangi rasa sakit selama menyusui. Hal ini terjadi karena ASI menjadi lebih lancar dikeluarkan. Saluran ASI yang tersumbat akan menyebabkan pengerasan payudara dan ini akan terasa sakit. Dengan melakukan masaage membuat ASI menjadi lebih lancar sehingga tidak akan lagi terasa nyeri.

3. Produksi ASI lebih Banyak

Masaage laktasi sangat efektif untuk melancarkan saluran ASI dan dapat memicu lebih banyak produksi ASI. Otot saluran ASi menjadi lebih kendur berkat okstosin yang keluar karena pemijatan.

4. Bayi lebih Mudah Menyusu

Ketika payudara mengeras, Bayi akan merasa kesulitan untuk menyusu karena tidak mudah menempel pada puting susu. Dengan pijat laktasi ini akan membantu payudara lebih lembut sehingga bayi dapat menempel tanpa kesulitan.

5. Membuat payudara lebih Kencang

Bagaimanapun proses menyusui dapat mempengaruhi tampilan payudara. Ketika produksi ASI melimpah dan payudara membesar itu bisa menimbulkan stretch mark ketika kembali pada ukuran normal. Nah dengan melakukan massage hal itu bisa dihindari. Pijatan akan semakin efektif membentuk payudara menjadi lebih kencang bisa menggunakan VCO, atau minyak zaitun. Akan terasa rileks saat dipijat karena aliran darah yang lancar.

Nah itulah beberapa hal yang mungkin akan sangat berguna bagi para ibu yang baru saja memiliki momongan. ASI sangat penting bagi tumbuh kembang anak, untuk itu cobalah untuk melakukan pijat laktasi agar bisa menyusui dengan lancar.

comments