Indonesia memiliki banyak keindahan yang tersimpan. Tidak hanya dari kenampakan alam yang indah tetapi juga banyak bangunan wisata religi masjid yang unik dan menarik. Ada banyak masjid terbaik di Indonesia yang bisa ditemukan. Hal tersebut ditemukan dari desain arsitektur akulturasi budaya hingga nilai konsep yang ada pada masjid tersebut.

Deretan Masjid dengan Arsitektur Unik yang Ada di Indonesia

Masjid Menara Kudus Jawa Tengah

Masjid Menara Kudus yang ada di Jawa Tengah ini tidak terlepas dari peran besar Sunan Kudus yang merupakan salah satu Walisongo penyebar agama Islam di Pulau Jawa. Baju ini memiliki prasasti gapura, ukiran khas dan juga menara. Di masjid ini juga bisa ditemukan Pancuran untuk berwudhu yang ada di arca. Jumlah pancuran ini sebanyak 8 buah.

Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten ini juga tidak kalah unik dengan bentuk atapnya bertumpuk lima menyerupai Pagoda. Masjid Agung badan ini merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia. Ini sendiri dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin yang juga merupakan raja pertama Kesultanan Banten dan juga Putra Sunan Gunung Jati. Para pengunjung yang datang ke masjid ini bisa menemukan komplek makam para sultan yang ada di sekitarnya.

Masjid Istiqlal

Masjid yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi untuk didengar. Masjid ini berdiri di kawasan Jakarta Pusat yang merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid Istiqlal sendiri sudah terkenal hingga mancanegara sehingga bisa dikatakan cukup populer. Ini sangat luas sehingga mampu menampung jamaah hingga 200 ribu orang. Biasanya, salat hari raya islam baik itu Idul Adha maupun Idul Fitri akan disiarkan langsung dari Masjid Istiqlal.

Masjid Raya Sumatera Barat

Sumatera Barat memang identik dengan rumah gadang nya. Hal inilah yang ternyata juga di aplikasikan stiker masjid. Masjid Raya Sumatera Barat juga dikenal sebagai masjid Mahligai Minang. Berikut ini merupakan masjid terbesar yang ada di Sumatera Barat dan lokasinya ada di Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Hal unik dari masjid ini ialah tidak memiliki kubah mainkan atapnya bentuk khas budaya Minangkabau mayatnya rumah adat gadang. Terdapat 4 sudut lancip di bagian atap masjid bentuknya gonjong. Pola ukiran minang dan juga kaligrafi di dinding bagian luar.

Masjid Agung An-Nur Pekanbaru

masjid terbaik di indonesia

Masjid ini cukup ikonik di Pekanbaru dan memiliki nuansa seperti Taj Mahal yang ada di India. Hal ini tidak mengherankan mengingat pembangunan masjid ini dipengaruhi unsur budaya India. Tidak hanya itu saja, baju ini juga kental dengan sentuhan Melayu yang bisa dilihat dari pemilihan warna hijau yang mendominasi bangunan.

Sementara itu, untuk kubahnya sendiri bisa dilihat seperti kain hias berlapis emas di dalam songket Melayu. Terdapat pula beranda di dalam masjid yang memang umum dicirikan sebagai sesuatu yang khas dari rumah panggung Melayu. Luas dari masjid ini sekitar 12,6 hektar.

Nah, itu dia beberapa masjid yang unik yang ada di Indonesia dengan ragam keindahannya. Jika dilihat, berwisata religi ini tentu tidak kalah menarik dengan berwisata di pantai lot Bali. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan beribadah sembari menikmati keindahannya. ac