Dengan gigi putih yang bersih dan terawat akan membuat kita merasa percaya diri saat tersenyum. Sementara senyum adalah hal pertama yang akan diperhatikan saat bertemu dengan seseorang. Untuk itu, senyum memainkan peran penting dalam membentuk kesan pertama yang positif tentang diri kita. Dengan memiliki gigi yang bersih maka kita akan lebih merasa percaya diri ketika bergaul dan bersosialisasi.

Memutihkan gigi memerlukan perawatan yang berkelanjutan. Sayangnya, banyak sekali faktor yang dapat menghalangi kita untuk memiliki gigi putih bersih. Mulai dari makanan, minuman, hingga kebiasaan merokok dapat membuat warna gigi memudar. Selain itu tentunya adalah perawatan yang kurang teratur dapat membuat gigi kehilangan warna memukaunya.

Kopi adalah salah satu minuman yang dapat membuat warna gigi menjadi kusam. Hal ini terjadi karena Kopi mengandung tanin, sebuah zat organik yang ditemukan pada tumbuhan. Ketika tanin menumpuk di gigi maka itu akan membentuk noda. Selain itu, email gigi juga bisa menjadi keropos karena kopi juga bersifat asam. Noda dari minuman menembus ke dalam lubang mikroskopis yang kemudian bisa menyebabkan warna gigi menjadi pudar.

Padahal kopi saat ini sangat populer dan digemari oleh generasi muda. Kita bisa melihat menjamurnya kafe yang berdiri di hampir di semua sudut-sudut kota. Kopi telah menjadi lifestyle yang tidak bisa begitu saja diabaikan oleh mereka. Menyesap kopi sambil nongkrong memang sangatlah menyenangkan. Apalagi didukung oleh suasana cozy dari kafe yang disambangi. Tidak heran jika kafe menjadi tepat yang asyik untuk menghabiskan waktu.

Lalu bagaimana cara agar gigi tetap putih sambil tetap ngopi? Yuk simak tipsnya.

Tips Gigi Tetap Putih untuk Penikmat Kopi

kopi

Bagi kamu yang memang belum bisa meninggalkan kebiasaan untuk menikmati kopi, berikut ini adalah tips yang bisa kamu coba agar kamu bisa tetap ngopi tanpa khawatir akan membuat gigi bernoda. Ini adalah 4 tips sederhana yang mudah sekali untuk diterapkan.

1. Minum Kopi dengan cepat

Batasi interaksi kopi dengan gigi, untuk itu sebisa mungkin nikmati kopi dengan cepat. Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk menikmatinya maka semakin banyak kesempatan bagi kopi tersebut untuk menodai gigi, jadi cobalah untuk meminumnya dalam rentang sekali duduk. Sesap kopi langsung tanpa berlama-lama di mulut.

2. Gunakan sedotan

Tips selanjutnya adalah meminumnya dengan sedotan. Ini dapat membantu menjauhkan tanin dan asam dari kopi dengan gigi. Dengan sedotan kita masih bisa menikmati kopi dengan nyaman kok.

3. Bilas mulut dengan air

Setelah meminum kopi kita bisa lanjutkan dengan membilas mulut dengan air tawar. Hal Ini dapat “mencairkan noda” dan mencegah tanin serta asam yang berasal dari kopi menempel di email gigi. Akan lebih baik lagi jika dilanjutkan pada tips no 4.

4. Sikat Gigi setelah 30 menit

Solusi terbaik untuk terus menikmati kopi, teh, dan minuman lain tanpa khawatir akan membuat gigi bernoda adalah dengan menyikat gigi 30 menit setelah meminumnya. Dalam selang waktu ini keasaman yang ditinggalkan minuman dapat dinetralkan dari mulut. Sikat gigi secara mendetail agar noda yang ada dapat hilang.

Itulah 4 tips memutihkan gigi bagi kamu yang gemar meminum kopi. Tapi walaupun begitu, hal terbaik untuk merawat kesehatan gigi adalah dengan memeriksakan diri ke dokter gigi secara teratur. Karena bagaimanapun seiring waktu, secara alami gigi dapat kehilangan warna putihnya bahkan ketika kita tidak meminum kopi sekalipun.