Kulit bayi yang masih sangat sensitif dan rentan menjadikannya mudah mengalami iritasi, salah satunya adalah ruam popok. Itulah sebabnya di rumah Mama sebaiknya selalu menyediakan krim atau salep ruam yang mengandung bahan alami seperti vitamin B5 atau yang disebut sebagai dekspanthenol. Menariknya, ternyata vitamin B5 bukan hanya digunakan dalam produk perawatan kulit bayi saja. Kandungan ini juga umum ditemukan di berbagai produk skincare anak-anak hingga dewasa karena dikenal memiliki sejumlah kelebihan.

Secara ilmiah, manfaat vitamin B5 untuk kulit memang beragam. Dan karena merupakan bagian dari keluarga vitamin B kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh, artinya penggunaan kandungan tersebut aman bagi kulit bahkan untuk kulit bayi yang begitu lembut. Berikut ini adalah sejumlah kelebihan vitamin B5 yang membuatnya menjadi komposisi wajib dalam produk perawatan kulit buah hati:

Manfaat Vitamin B5 untuk Kulit

Meredakan kemerahan dan peradangan

Kemerahan dan peradangan atau inflamasi pada kulit menjadi gejala utama yang muncul saat mengalami iritasi kulit, termasuk ruam popok. Meskipun bukan gejala yang berbahaya namun kemerahan dan inflamasi tersebut dapat mengarah pada infeksi lebih lanjut jika dibiarkan dalam waktu lama. Vitamin B5 dengan kandungan anti inflamasi-nya memiliki kemampuan untuk menenangkan iritasi tersebut sehingga kemerahan dan rasa perih yang timbul berangsur mereda.

Mempercepat penyembuhan luka

Iritasi kulit tidak jarang dibarengi dengan luka lecet, apalagi jika sudah lama terjadi. Luka ini tentunya terasa nyeri dan juga perih sehingga mengganggu kenyamanan terutama pada buah hati yang terkena ruam popok. Selain memberikan efek anti peradangan, vitamin B5 juga bekerja dengan merangsang produksi kolagen sehingga luka cepat menutup dan kulit yang mengalami iritasi kemerahan dapat kembali mulus, halus dan kenyal.

Menjaga kelembaban kulit

Kulit yang lembab menjadi kunci penyembuhan iritasi kulit yang ditandai dengan area kulit memerah, kering hingga mengelupas. Vitamin B5 bersifat humectant yakni menyerap lebih banyak air dalam sel kulit kemudian menguncinya sehingga kulit terhidrasi dengan lebih baik. Saat kulit berada dalam kondisi lembab, kekeringan dan pengelupasan kulit akibat iritasi dapat dicegah. Apalagi vitamin ini juga membantu memperkuat skin barrier –lapisan kulit terluar dan paling kuat yang berfungsi melindungi lapisan kulit dari iritasi—yang menjadikan kulit lebih tahan terhadap gesekan dan perubahan lingkungan.

Kaya Antioksidan

Bukan hanya orang dewasa saja yang rentan terkena efek buruk lingkungan, anak-anak bahkan bayi juga memiliki kemungkinan yang sama. Itulah sebabnya penting untuk menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan vitamin B5 yang memiliki efek antioksidan yang merangsang produksi glutathione. Komponen tersebut berfungsi menangkal radikal bebas yang membuat kulit kusam dan mudah iritasi.

Menjaga keremajaan kulit

Kulit bayi yang masih kaya akan kolagen dan berbagai komponen penting lainnya terasa begitu lembut dan kenyal saat disentuh. Orang dewasapun bisa memiliki baby skin seperti itu dengan bantuan vitamin B5 yang merangsang pembentukan fibroblas di lapisan tengah kulit sebagai titik mula penuaan. Ditambah dengan kemampuannya memaksimalkan produksi kolagen, glikan dan elastin, sel-sel kulit akan senantiasa segar, terhidrasi dan sehat. Pesona kulit lembut bercahaya pun dapat terpancar tanpa pandang usia.

Semua manfaat vitamin B5 untuk kulit tersebut dapat dirasakan terutama oleh si Kecil dengan rutin mengaplikasikan Bepanthen yang mengandung emollient dan pro vitamin B5. Gunakanlah setiap habis mengganti popok supaya kulit lembutnya senantiasa terjaga dan terhindar dari ruam kemerahan yang menyakitkan.

  1. Dr. Vindhya L Veerula, Benefit of Vitamin B5 for Your Skin, Stylecrazy, 1 Maret 2022. Diakses pada 21 April 2022 dari https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-vitamin-b5-for-your-skin/
  2. Hana Ibraheem, Vitamin B5 in Skincare, Stylist. DIakses pada 21 April 2022 dari https://www.stylist.co.uk/beauty/skincare/vitamin-b5-pantothenic-acid-skincare-benefits/458180
  3. Dendy Engleman, Pantothenic Acid for Skin, Byrdie, 17 Oktober 2021. DIakses pada 21 April 2022 dari  https://www.byrdie.com/panthenol-for-skin-the-complete-guide-4770218