Tahun ajaran baru akan segera dimulai, dan sepertinya tahun ini para orang tua akan jauh lebih sibuk menyiapkan perlengkapan sekolah bagi si buah hati. Karena pada tahun ini pandemi sudah berakhir, maka Anak-anak bisa belajar secara tatap muka secara langsung di sekolah. Ini membuat Orang tua perlu menyiapkan buku, alat tulis, seragam, sepatu hingga tas sekolah.

Salah satu perlengkapan sekolah yang cukup penting adalah tas sekolah. Walaupun sepertinya cukup mudah untuk memilihnya, tetapi dalam kenyataannya ini bisa terasa membingungkan. Apalagi tas sekolah anak perempuan yang begitu beragam. Anak tidak hanya membutuhkan tas yang mampu membawa semua yang mereka butuhkan untuk bersekolah, tetapi juga tas yang membuat mereka nyaman.

Tas Sekolah yang mana?

Ragam tas anak perempuan bisa sangat bervariasi, untuk memudahkan saat memilih berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Berapa umur anak kita?
  • Berapa banyak buku dan perlengkapan lainnya yang harus mereka bawa?
  • Berapa ukuran yang mereka butuhkan?
  • Apakah itu cocok dengan ketentuan berpakaian sekolah?
  • Gaya mana yang terbaik untuk mereka?

Hal pertama yang harus dilihat adalah peraturan sekolah, apakah mereka memiliki peraturan tentang tas sekolah? Apakah harus warna atau bentuk tertentu? Jika ia maka sesuaikan dengan ketentuan sekolah saat memilih tas.

ragam tas anak perempuan

Tas Punggung atau Tas Selempang?

Ada banyak gaya tas sekolah yang berbeda, yang paling umum adalah tas punggung. Tetapi ada juga tas yang diselempangkan. Memutuskan mana yang terbaik untuk anak kita tergantung pada beberapa hal. Seperti tergantung pada usia anak kita, dan sekolah apa yang mereka masuki.

Seiring dengan waktu kelas yang mereka ikuti menjadi lebih sulit dan mereka harus membawa buku lebih banyak ke sekolah. Ini berarti semakin banyak yang harus mereka bawa, untuk itu mereka semakin membutuhkan tas yang lebih besar.

Hal yang wajib untuk dipertimbangkan adalah pastikan bahwa tas itu nyaman dipakai, berukuran tepat dan cukup kuat untuk membawa beban. Tas punggung dua tali cenderung lebih tepat karena bisa mendistribusikan berat secara merata ke seluruh tubuh. Memiliki dua tali juga akan membuatnya lebih aman untuk punggung, leher, dan bahu.

Sementara tas selempang lebih cocok untuk mereka yang tidak perlu membawa banyak barang. Ini karena menempatkan terlalu banyak beban di satu sisi tubuh dapat menyebabkan sakit punggung atau masalah pada bagian tubuh lain di kemudian hari.

Memilih Tas Untuk Anak Perempuan

tas anak perempuan
ragam tas anak perempuan di mothercare.co.id

Untuk anak perempuan usia TK dan sekolah dasar biasanya tas punggung akan memudahkannya untuk dibawa. Tas ini hadir dengan warna yang menggemaskan disertai dengan gambar karakter favoritnya. Pastikan tas tersebut memiliki akses yang mudah untuk memasukkan dan mengeluarkan barang tanpa kesulitan.

Sementara untuk anak perempuan usia lebih besar seperti SMP atau SMA tentu tidak akan mau lagi membawa tas sekolah dengan warna mencolok serta bergambar kartun. Untuk itu warna yang lebih soft akan lebih cocok, desainnya juga kekinian sesuai dengan trend. Pertimbangkan untuk memilih tas yang tahan air agar barang bawaanya seperti laptop dan hp tidak kebasahan saat turun hujan.

Ajak Anak Untuk Terlibat Memilih

Pertimbangkan untuk melibatkan anak dalam proses memilih tas sekolahnya. Hal ini akan melatihnya untuk mengemukakan pendapat juga dapat membantu anak untuk lebih siap dan sekaligus bersemangat bersekolah.

Selain itu pastikan untuk meminta anak untuk mencobanya sebelum membeli agar memastikan ukurannya pas. Selamat berbelanja!