Investasi merupakan salah satu cara unutk menyimpan dan mengembangkan aset yang kita miliki, selain itu investasi memiliki berbagai jenisnya. Di Indonesia sendiri investasi yang paling banyak diminati yakni investasi emas. Terlebih lagi saat ini emas memiliki banyak jenis, seperti emas Antam yang berbentuk kartu. Tak heran banyak yang bertanya bagaimana cara beli emas Antam.

Tetapi kali ini bukan itu yang akan kita bahas, melainkan beberapa kasus penipuan investasi emas yang wajib kamu ketahui. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

  1. CV Kebun Emas Indonesia

Kasus pertama yang akan kita bahas datan dari CV Kebun Emas Indonesia, di mana terdapat kasus penipuan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Padahal perusahaan tersebut masih terbilang baru.

Kasus tersebut terungkap pada Juli 2017, tepatnya di daerah Solo, Jawa Tengah. Penipuan tersebut bahkan dilakukan oleh CV Kebun Emas Indonesia, yang mana mereka telah merugikan 61 orang dengan total kerugian mencapai Rp2 miliar. Angka tersebut terbilang fantastis untuk perusahaan yang baru berdiri.

Modus dari penipuan tersebut ialah, kedua pelaku adalah pasangan suami istri, yang mana mereka menjanjikan keuntungan bunga mencapai 5% per bulannya. Alhasil peserta dari investasi tersebut percaya dan mereka mulai berinvestasi dengan harga yang bervariasi yaitu mulai dari Rp5 juta sampai Rp290 juta.

  1. Yusak Sie Haryanto

Bukan lagi soal perusahaan, melainkan penipuan ini dilakukan oleh seorang pria asal Solo, Jawa Tengah, pada Desember 2017 silam. Dikutip dari Republika.co.id, di mana jumlah korban yang telah melaporkan kasus ini bahkan mencapai 108 orang dengan kalkulasi kerugian mencapai Rp111,375 miliar.

Bahkan kasus kedua ini memiliki angka kerugian yang lebih tinggi dari kasus sebelumnya. Yusak Sie Haryanto yang merupakan salah seorang warga Kampung Sewu, Solo. Mulanya menjanjikan kepada korban keuntungan 10 sampai 25 persen per dua belas hari.

Tak heran banyak yang tergiur dengan penawarannya tersebut, bahkan setelah dua belas hari berjalan ia tak kunjung memberikan keuntungan yang telah dijanjikan sebelumnya.

  1. PT Golden Traders Indonesia Syariah

Berikutnya datang dari PT Golden Traders Indonesia Syariah, yang mana kasusya sangat bervariasi. Mulai dari kasus penipuan, penggelapan, dan pencucian uang. Sebenarnya kasus ini sudah terungkap sejak 2013-2014 silam.

Tak main-main, kerugian yang berhasil dihasilkan dari kasus ini bahkan mencapai triliunan rupiah. perusahaan tersebut berdiri pada tahun 2012 dan memiliki badan hukum resmi.

Tidak dapat diperkirakan bahwa, perusahaan ini bahkan memiliki sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

  1. Virgin Gold Mining Corporation (VGMC)

Kasus terakhir yang akan kita bahas datang dair Virgin Gold Mining Corporation (VGMC), di mana perusahaan investasi ini berbasis di London, Inggris. Tak disangka-sangka, bahwa perusahaan ini melakukan penipuan yang berhasil mencetak angka kerugian sangat tinggi.

Dengan bergerak di bidang pertambangan dan eksplorasi emas, menjadikan perusahaan ini sangat terpandang. Perusahaan ini berhasil meraup dana sebesar Rp500 miliar dengan total nasabah mencapai 40.000.

Perusahaan ini bahkan menawarkan saham tambang emas dengan iming-iming keuntungan mencapai 10% perbulannya.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar beberapa penipuan investasi emas yang wajib kamu ketahui. Beberapa kasus di atas hanya segelintir saja, dan berhati-hatilah ketika ingin memutuskan berinvestasi.