Semua kendaraan baik roda empat ataupun roda dua pastinya membutuhkan bensin yang menjadi sumber energi sehingga motor bisa menyala dan bisa dikemudikan kemana saja. Tentunya daya konsumsi mobil dengan motor tentu berbeda karena dipengaruhi oleh CC pada motor dan juga faktor lainnya.

Untuk motor tentunya daya konsumsinya jauh lebih rendah dibanding mobil, apalagi biasanya tangki motor sebagai wadah bensin jauh lebih kecil dibandingkan dengan mobil yang memiliki tangki sangat besar. Daya tampung bahan bakar untuk motor mulai dari 4 liter hingga 10 liter, sedangkan mobil bisa menampung hingga 30 liter bensin bahkan bisa lebih tergantung dari jenis mobil.

Dari segi irit, tentunya motor jauh lebih irit dibandingkan dengan mobil jenis apa saja. Bagi pengguna motor jika bensin ingin lebih irit lagi, maka bisa memperhatikan beberapa hal ini apalagi belakangan ini konsumsi bensin lebih boros.

Cek oli yang digunakan

Oli mesin tentu erat kaitannya dengan kinerja mesin, semakin berkualitas oli yang digunakan maka bisa dipastikan kinerja dari motor akan jauh lebih optimal. Tetapi jika oli kurang berkualitas maka akan berpengaruh terhadap kinerja sehingga kurang bertenaga saat di jalan.

Oli wajib diganti ketika sudah menempuh jarak sejauh 2 ribu sampai 3 ribu kilometer, lebih cepat diganti tentunya akan lebih bagus untuk performa motor. Jangan mencoba-coba untuk mengganti oli lama dengan yang bekas karena tentu kualitasnya sudah tidak bagus sehingga bisa merusak mesin.

Pakai bensin dengan oktan tinggi

Nilai oktan pada bensin tentunya bukan hanya berpengaruh terhadap performa motor melainkan juga akan berpengaruh pada keiritan bensin. Semakin tinggi nilai oktan maka akan semakin bagus, sekalipun harga bensin dari oktan tinggi lebih mahal dibandingkan bensin dengan oktan yang ada di bawahnya.

Setiap orang bisa memilih bensin dengan nilai oktan tertentu yang terbaik untuk kendaraan motor miliknya. Jika memilih oktan tinggi, memang harganya mahal tetapi ada 2 kelebihannya yaitu lebih irit serta bisa meningkatkan kinerja serta performa motor.

Perhatikan diameter velg

Bagi yang suka memodifikasi motor menjadi lebih menarik dan unik, maka perlu tahu bahwa perubahan diameter velg bisa berpengaruh terhadap keborosan bensin. Jika dilihat secara umum, diameter pada setiap velg adalah 14 inchi tetapi jika diubah menjadi lebih besar agar bisa melaju lebih cepat lagi maka bisa dipastikan konsumsi bensin akan lebih banyak.

lelang motor
Ibid lelang motor

Dengan memperhatikan 3 hal diatas, maka setiap orang yang memiliki motor akan benar-benar merasakan hemat bensin. Tetapi bagi yang sudah terlanjur membeli motor dengan cc besar sehingga sulit untuk menghemat bahan bakar, maka bisa menjualnya dengan proses yang cukup praktis yaitu dengan lelang motor hanya di balai lelang IBID.

Mengapa harus di IBID? karena balai lelang satu ini memiliki aplikasi bernama IBID yang memudahkan semua orang baik peserta ataupun penjual unit. Jika penasaran dengan fitur-fitur yang ada, langsung saja download di toko aplikasi seperti Playstore dan juga Appstore sekarang juga.