Hadirnya beragam platform streaming ternyata membawa dampak positif dengan semakin banyaknya series original Indonesia dengan kisah yang keren. Vidio, Viu, WeTV dan Genflix punya jagoan series originalnya sendiri-sendiri. Ini tentunya memanjakan kita sebagai penonton untuk menikmati alternatif hiburan yang beragam.

Berbeda dengan sinetron yang biasanya punya alur cerita yang bertele-tele, webseries ini punya jumlah episode yang pendek dan fokus di cerita. Beberapa diantaranya meremake series lawas, ada juga yang mengadaptasi series luar negeri seperti Korea dan juga kisah hits dari novel.

Daftar Web Series Indonesia yang Tayang di Tahun 2023

1. Open BO

Wulan Guritno benar-benar awet muda! Di usianya yang ke 41 penampilannya benar-benar seperti tidak pernah berubah. Masih seperti gadis ABG yang lagi ranum-ranumnya. Nah di awal tahun 2023 ini Wulan punya projek Webseries terbarunya berjudul “Open BO” beradu akting dengan Winky Wiryawan.

Open Bo menceritakan tentang seorang perjaka culun yang diperankan oleh Winky. Dia menjalani profesi sebagai penulis script sinetron azab. Saat ingin menulis tentang Open BO ia bertemu dengan wanita panggilan simpanan pejabat. Tak disangka, sang wanita ini diteror istri pejabat tersebut dan justru membuat mereka dekat.

Tema webseries ini memang sedikit nakal, begitupun dengan poster yang dikeluarkannya. Wulan duduk dibalik kursi yang seolah-olah tidak berpakaian sehelai benang pun. Tapi rasanya webseries ini memiliki premis yang cukup ringan. Webseries ini akan tayang di Vidio.

2. Ketua BEM and His Secret Wife

Dua aktor dan aktris muda dipertemukan dalam satu webseries terbaru yang tayang di Genflix. Ajil Ditto dan Ochi Rosdiana menjadi pasangan muda yang begitu serasi.

Webseries ini meneritakan tentang Reynand, Ketua BEM Centaury University yang tiba-tiba meminta Bella untuk menjadi istrinya. Bella menerima ajakan Reynand untuk pura-pura menikah dengan satu alasan.

3. Mendua

Series yang satu ini diadaptasi dari Drama Korea yang hits banget “The World of Married“. Untuk versi Indonesia judulnya menjadi “Mendua” yang dibintangi oleh Ardina Wirasti, Tatjana Saphira dan Chico Jericko.

Kehidupan Sekar, seorang dokter sukses dengan keluarga kecilnya yang bahagia. Ia tinggal di kawasan elite Jakarta bersama suaminya, Ivan dan anak mereka, Dennis. Pernikahan itu telah berjalan selama 15 tahu. Namun, situasi pelik terjadi, Ivan berselingkuh. Kehidupan Sekar yang awalnya tenang dan sempurna itu hancur seketika akibat perselingkuhan suaminya dengan seorang sosialita muda bernama Bella.

4. Kupu-kupu Malam

Ini adalah series Indonesia yang juga cukup populer di tahun 2022 kemarin. Dibintangi oleh Michele Zudith dan Lukman Sardi, mengisahkan tentang seorang kupu-kupu malam yang terpaksa menjalani profesi tersebut karena keadan dan harus menghidupi adiknya.

Kupu-kupu Malam tayang di WeTV dan Iflix, dan memiliki 7 episode.

5. Scandal 2: Love, Sex & Revenge

Series yang tayang di Vidio ini mengetengahkan kisah yang tidak biasa. Kehidupan malam yang dibalut dengan misi membalaskan dendam. Cinta Laura dan Ibnu Jamilos beradu akting sebagai pemeran utama. Series ini memiliki 7 episode.

Sinopsis Scandal 2: Love, Sex & Revenge menampilkan Luna, seorang penari yang menyimpan dendam mendalam kepada seorang laki-laki yang telah merusak keluarga dan kehidupannya. Untuk membalaskan dendam ini, Luna rela memasuki gelapnya dunia prostitusi.