Traveling ke Surabaya akan sangat menyenangkan, karena Ibu Kota Provinsi Jawa Timur ini punya banyak sekali destinasi menarik yang sayang sekali untuk dilewatkan. Statusnya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia juga membuat penasaran tentang bagaimana suasananya disana.

Transportasi umum di Surabaya relatif cukup baik. Tapi bagi yang baru saja mengunjunginya mungkin akan cukup kesluitan untuk menghafalkan rutenya. untuk itu kita bisa memilih

Nah untuk gambaran menyusun itinerary, ini dia daftar destinasi yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Kota Pahlawan. Pilihannya beragam mulai dari destinasi religi, wisata keluarga, wisata pantai dan kuliner yang menggugah selera.

Destinasi Wisata Keluarga di Surabaya

Jika ingin berwisata bersama keluarga, Surabaya juga punya beragam destinasi yang akan sangat menyenangkan untuk dikunjungi.

1. Trans Snow World

Ingin merasakan suasana salju tidak usah jauh-jauh ke Eropa, di Surabaya kita juga bisa merasakannya. Destinasi wisata keluarga di Surabaya ini terbilang masih cukup baru dibuka. Trans Snow World terletak di Siwalankerto, Wonocolo tepatnya di Trans Icon Mall lantai 3 Surabaya.

Disini ada beberapa wahana permainan salju, seperti bermain ski, selain itu ada skylift, lalu kereta luncur atau sledge, Snow Tube yang memungkinkan kita untuk bisa meluncur dari atas menggunakan ban besar. Disini ada instruktur yang siap membantu, jadi kita bisa merasa lebih aman.

Harga tiketnya untuk Weekday Rp 225.000 perorang, sedangkan dihari Weekend Rp 275.000 perorang. Harga tiket ini berlaku untuk semua umur jadi anak-anak hingga dewasa sama saja. Tiket bisa beli secara online, untuk harga tiketnya berlaku untuk bermain salju sepuasnya selama 2 jam. Trans Snow World Surabaya Buka Setiap Hari Jam 10.00 – 20.00 WIB.

2. Dinolab Fun Wolrd BG Junction

Mengajak si kecil untuk melihat dinosaurus disinilah tempatnya. Destinasi ini buka belum lama ini, yakni bulan November 2022. Dinolab fun World ini terletak di BG Junction di jalan Bubutan Surabaya.

Disini bukan hanya ada simulasi kehidupan dinosaurus tetapi juga ada beragam wahana permainan yang jumlahnya hingga 105 permainan. Berkunjung kesini tentunya akan memberikan experience yang fun sekali.

3. Pantai Kenjeran

Pantaiu kenjeran adalah pantai legendaris yang ada di Surabaya, jadi ini adalah destinasi yang sebaiknya jangan dilewatkan. Suasananya kini jauh lebih baik karena sudah dilakukan penataan besar-besaran. Pengunjung bisa menikmati view langsung kelaut lepas, tersedia banyak gazebo untuk duduk santai dan beberapa spot kuliner yang beragam.

Destinasi Jalan-jalan di Surabaya

Surabaya punya banyak sekali kuliner legendaris yang bisa dicoba kala berkunjung ke sini. Diantaranya adalah rujak cingur, lontong balap dan tentu saja rawon. Namun untuk list saat ini adalah destinasi wisata kuliner ala street food yang cocok dinikmati sembari berjalan-jalan di Surabaya.

1. Kya Kya Kembang Jepun

Kya-kya bisa diartikan sebagai jalan-jalan dalam dialek Tionghoa.  Konsepnya seperti pasar malam yang berada di daerah pecinan Surabaya. Kita bisa berjalan sambil jajan beragam kuliner yang tersedia disini. Namun untuk diingat, Kya Kya Kembang Jepun hanya buka di hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

2. Alun-alun Surabaya

Ini adalah alun-alun yang unik karena ada bagian yang berada di bawah tanah! Banyak spot menarik yang dapat dikunjungi dilokasi dan semuanya gratis. Kita bisa menuju basement dengan menggunakan elevator. Area basement ini difungsikan sebagai area pameran kesenian juga arena skateboard dengan lukisan mural yang instagramable.

Arsitektur yang ditampilkan sangat bagus sehingga cocok untuk melakukan hunting foto sekedar untuk bersenang senang ataupun foto preweding. Alun-alun Surabaya terletak di komplek Balai Pemuda. Dekat dengan perpustakaan, Kantor DPRD dan juga Mesjid. Di seberangnya juga ada kuliner legendaris Es Krim Zangrandi.

Destinasi Wisata Religi Surabaya

Surabaya memiliki destinasi wisata religi yang sangat penting bagi khazanah umat muslim di Indonesia.

1. Makam Sunan Ampel

Sunan Ampel adalah salah satu dari anggota Wali Songo yang sangat berjasa di masa-masa awal penyebaran agama Islam di tanah Jawa. Peziarah datang dari berbagai penjuru, mereka khidmat melantunkan doa dan shalawat untuk sang wali. Saat Menjelang bulan Ramadan, biasanya peziarah akan jauh lebih ramai.

Makam Sunan Ampel terletak di kawasan Ampel, Semampir Kota Surabaya. Lokasinya relatif mudah untuk dijangkau karena berada di tengah Kota.

2. Makam Habib Muhammad bin Idrus Al Habsyi

Tidak jauh dari kawasan Sunan Ampel,terdapat makam Habib Muhammad bin Idrus Al Habsyi. Beliau adalah tokoh ulama yang juga sangat penting bagi umat Islam. Habib Muhammad bin Idrus Al Habsyi adalah ulama yang berasal dari Hadramaut Yaman murid utamanya Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi (penyusun maulid simtudduror) dan Habib Muhammad bin Idrus Al Habsyi ini adalah ulama pertama yang membawa Maulid Simtudduror di Indonesia.

Jadi ketika berziarah ke Sunan Ampel, sempatkanlah juga untuk berziarah ke makam Habib Muhammad bin Idrus Al Habsyi.

Nikmati Surabaya dengan mudah mending

Sewa mobil Surabaya menjadi pilihan yang lebih efisien untuk menikmati kota ini. Kita tidak perlu repot untuk naik turun kendaraan umum dan bisa langsung pergi ketika memilihnya. Kita bisa hemat waktu, sehingga bisa lebih santai ketika mengunjungi destinasi yang diinginkan. ketika ingin ke kota sebelah juga jauh lebih mudah, misalkan ingin pergi ziarah wali songo menyambung ke Gresik atau ke Giri.

sewa mobil surabaya
WX Rent Car Surabaya

WX Rent Car adalah rental mobil terbaik di Surabaya. Perusahaan juga memiliki divisi bengkel dan cuci mobil sehingga memastikan semua armadanya terawat dengan baik. Untuk soal harga yang ditawarkan juga sangat affordable. Faktor keamanan adalah hal terpenting saat merental mobil, untuk itu WX Rent Car memastikan bahwa seluruh supirnya adalah karyawan tetap bukan freelance seperti kebanyakan.

Armada terdiri dari mobil-mobil terbaru seperti Hyundai Stargazer, Avanza, New Innova Reborn, Elf long hingga Hiace. Bisa disewa per 12 jam ataupun fullday dan drop off.

Kesimpulan

Destinasi wisata diatas hanyalah sebagian kecil yang ada di kota ini. Masih ada banyak lagi yang lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Jadi kapan nih traveling ke Surabaya? Yuk jadwalkan.