Tak hanya lezat dan murah, tempe juga bisa dibuat sebagai bahan dasar aneka lauk pauk, salah satunya perkedel tempe. Kudapan yang satu ini bisa dijadikan sebagai lauk pendamping ataupun camilan enak dan praktis. Ditambah dengan Tepung Kobe Bakwan Kress, perkedel tempe bikinan Anda tentu akan terasa lebih renyah saat digigit, tapi tetap terasa empuk di dalam. Sensasi krispi yang meleleh di mulut bikin siapapun ketagihan menyantapnya.

Selain itu, tempe juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, apa sajakah itu? Berikut ini penjelasan tentang manfaat mengonsumsi tempe hingga resep Perkedel Tempe yang wajib dicoba!

Manfaat Mengonsumsi Tempe

Tempe merupakan salah satu hidangan yang hampir selalu ada di meja makan warga Indonesia. Jenis lauk ini mudah ditemukan di mana saja, harganya pun terjangkau serta dapat diolah menjadi aneka jenis masakan.

Dalam prosesnya, tempe terbuat dari kedelai yang dimasak sebagian dan difermentasi menggunakan jamur rhizopus. Jamur ini nantinya akan menyelimuti biji-biji kedelai san membentuk zat putih yang akan menyatukan tempe. Selain lezat, tempe juga bisa dijadikan sebagai alternatif protein selain daging dan telur. Berikut ini sejumlah manfaat mengonsumsi tempe:

  1. Baik untuk pencernaan

Tempe mengandung probiotik yang bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan. Dalam penelitian disebutkan bahwa probiotik baik untuk pembentukan asam lemak rantai pendek di usus besar. Ini adalah sumber energi utama untuk sel yang melapisi usus besar. Mengonsumsi tempe secara teratur dan cukup juga terbukti meningkatkan frekuensi tinja sekaligus mengurangi peradangan pada saluran cerna.

  1. Kaya Protein

Tempe juga tinggi protein sehingga kerap dijadikan sebagai pengganti protein hewani seperti daging dan telur. Ini juga membuat perut kenyang tahan lama sehingga cocok dijadikan sebagai menu diet.

  1. Menjaga Berat Ideal

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa diet dengan mengonsusmi makanan tinggi protein mampu meningkatkan thermogenesis atau produksi panas sehingga meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus membantu tubuh membakar lebih banyak kalori sehingga menjaga berat badan tetap ideal.

  1. Menekan Nafsu Makan 

Dengan kandungan protein tinggi, mengonsumsi tempe ternyata juga bisa mengendalikan nafsu makan. Hal ini karena sumber protein tinggi memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi makan. Bahkan sejumlah studi juga melaporkan bahwa camilan berbahan kedelai tinggi membuat kualitas diet lebih baik dibandingkan camilan tinggi lemak.

  1. Menurunkan Kolesterol 

Mengonsumsi tempe dengan jumlah cukup juga terbukti ampuh menurunkan kolesterol. Ini karena tempe mengandung isoflavon yang dikaitkan dengan kadar kolesterol baik atau LDL. Sementara itu, sejumlah studi lainnya juga menyoroti bahwa efek kedelai pada kadar kolesterol dan trigliserida yang dapat menurunkan LDL jahat sebesar 5,7% dan trigliserida sebesar 13,3%.

Resep Perkedel Tempe 

resep perkedel tempe

Setelah mengetahui manfaat mengonsumsi tempe, kini saatnya menjajal resep perkedel tempe yang bisa dijadikan camilan atau lauk pendamping di rumah. Cara buatnya praktis dan dengan bahan-bahan sederhana. Meski begitu, soal rasa tentu tak perlu diragukan karena perkedel tempe dengan Tepung Kobe Bakwan Kress sudah pasti krispi diluar dan lembut di dalam.

Bahan:

  • 1 bungkus Kobe Tepung Bakwan Kress
  • 1 papan tempe potong sesuai selera
  • 2 batang daun seledri yang sudah dicincang
  • 2 butir telur
  • 1 bungkus BonCabe level 10, rasa Bawang Goreng
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Perkedel Tempe 

  • Panaskan minyak goreng lalu goreng tempe hingga berwarna kuning kecoklatan.
  • Haluskan tempe yang sudah digoreng lalu masukkan seledri cincang, BonCabe, Kobe Tepung Bakwan Kress dan telur. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  • Setelah semua tercampur rata, bentuk adonan sesuai selera ukuran.
  • Panaskan minyak goreng dalam wajan lalu masukkan perkedel ke dalam kocokkan telur dan goreng hingga kuning kecoklatan.
  • Angkat dan tiriskan perkedel lalu siap disajikan.

kobe bakwan

Meskipun dikenal sebagai tepung bakwan, tapi Tepung Kobe Bakwan Kress tak hanya dipakai untuk membuat bakwan saja, tapi juga aneka masakan lainnya. Terbuat dari  rempah asli pilihan, Tepung Kobe Bakwan Kress sudah dibumbui dengan pas sehingga cita rasanya lezat tanpa harus menambahkan bumbu lainnya. Tepung Kobe Bakwan Kress juga bisa digunakan untuk membuat aneka jenis gorengan yang krispi. Tepung Kobe Bakwan Kress juga dibuat tanpa bahan pengawet maupun pewarna buatan.

Tak perlu kerepotan membelinya di minimarket atau supermarket karena Tepung Kobe Bakwan Kress sudah tersedia di e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee dengan banyak promo menarik yang sayang untuk dilewatkan.