Info loker Karawang selalu jadi incaran, Kabupaten ini memang menjadi magnet tersendiri bagi para pencari kerja. Disinilah tempat dari beberapa kawasan Industri terkemuka seperti KIIC, Indotaisei, Suryacipta, KIM dan banyak lagi yang lainnya. Selain itu, UMR Karawang juga dikenal tinggi jika dibandingkan dengan daerah lainnya. Untuk tahun 2024, UMRnya adalah Rp 5.257.834, ini merupakan UMR tertinggi kedua di Indonesia setelah Kota Bekasi.

Selepas lulus sekolah saya juga salah satu yang rajin mencari info loker Karawang. Astra Daihatsu Motor, Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Sumisho Global Logistic, GS Battery, Yamaha Motor Manufacturing adalah beberapa perusahaan top yang jadi incaran. Cara melamar loker Karawang bisa via pos, email atau juga BKK sekolah.

Namun sayangnya walaupun sempat beberapa kali ikut tes, namun hasilnya belum berhasil diterima bekerja disana. Salah satu kendalanya saat itu adalah Saya seringkali kurang siap saat ada panggilan test. Perjalanan dari rumah di Ciamis menuju ke Karawang butuh kurang lebih 6 jam perjalanan, jadi begitu sampai untuk test, kondisi badan sudah capek dan kurang fokus.

Jadi, bagi teman-teman yang hendak melamar kerja di Karawang, sebaiknya persiapkan kondisi fisik dan pikiran. Dan jangan lupa juga belajar kembali rumus matematika karena ada soal-soal perhitungannya juga saat test.

kawasan industri Suryacipta
kawasan industri Suryacipta

Tips Lolos test Kerja di Karawang

Beberapa perusahaan besar di Karawang menerapkan test masuk kerja yang cukup ketat. Diantaranya ada yang harus melewati test fisik, test interview psikolog, psikotest, hingga medical check up.

Test Fisik

Saat test fisik kandidat karyawan harus melewati beberapa test seperti lari 800 meter dengan waktu yang sudah ditentukan. Lalu push Up, sit Up, dan pull up. Jadi pastikan fisik Kita kuat agar tidak gagal ditahap ini. Tidak ada salahnya untuk mulai latihan fisik dari sekarang agar nanti tidak kaget saat menemui test seperti ini.

Test Psikotest

Ini adalah standar test dimanapun Kita akan bekerja, test ini meliputi beberapa hal seperti:

itu tes kraepelin

Test Kreplin/Paulin: Jika dilihat sepintas ini seperti sangat sederhana yakni menjumlahkan angka dengan deret keatas. Tapi percayalah ini cukup melelahkan apalagi ada batasan waktu untuk mengerjakan perbarisnya. Disini yang dinilai adalah konsistensi Kita saat mengerjakan dibawah tekanan.

army alpha

Test Army Alpha: Kita akan diberikan kertas berisi gambar-gambar. Nah tugas Kita adalah menyimak instruksi dari tester dan melakukannya di kertas jawaban. Harus konsentrasi penuh dalam memahami isntruksi dengan benar dalam batas waktu yang diberikan.

tes-wartegg

Test Wartegg: Untuk test yang satu ini kita diminta melanjutkan gambar pada kotak yang sudah tersedia. Gambar dengan konsisten jangan banyak yang dihapus.

papi kostik

Test Papi Kostik: Ini merupakan test kepribadian yang mengukur sisi psikologis dan memberi gambaran perilaku Kita nanti ditempat kerja.

tiu 5

TIU 5: Test intelegensia untuk mengetahui daya nalar kandidat karyawan. Biasanya kita diminta mencocokan gambar atau proyeksi. Ada juga soal antonim, sinonim dan soal logika matematika.

Tips Menghadapi Test Wawancara Kerja.

Wawancara kerja adalah kesempatan bagi Kita untuk menunjukkan kepada pemberi kerja tentang kepribadian Kita selain keterampilan dan pengalaman. Selama wawancara, pemberi kerja menilai kualifikasi Kita, tingkat motivasi, dan apakah Kita memahami apa yang akan Kita kerjakan nanti.

Mempersiapkan diri dengan baik dapat memudahkan pewawancara terkesan dan menerima kita sebagai karyawan. Pastikan untuk mendengarkan setiap pertanyaan dengan cermat. Cobalah untuk menjawab dengan topik yang paling relevan untuk memastikan jawaban Kita ringkas dan tidak bertele-tele.

Test MCU

Test kesehatan di perusahaan besar dilakukan dengan menyeluruh. Pemeriksaan mata, darah, urine, irama jantung, rontgen, bahkan ada yang sampai diperiksa alat vital segala. Nah untuk hal ini Kita harus mempersiapkan diri agar kesehatan selalu fit. terapkan gaya hidup sehat dengan olahraga teratur dan makan yang seimbang.

Kesimpulan

Setiap melihat info loker Karawang selalu ada sedikit penyesalan pada diri Saya ketika pada akhirnya tidak berhasil bekerja pada perusahaan disana. Nah untuk itu, bagi kawan-kawan yang sedang berjuang mencari kerja tetap semangat ya. Pelajari test-test yang ada agar nanti tidak merasa kaget saat mengerjakannya. Semoga ada rejekinya untuk bekerja di perusahaan impian.