Umumnya, tiket konser dibagi per kelas, ada Tribune dan Festival,malah kadang ada juga VIP, VVIP, Gold atau Platinum. Harga kelas-kelas tersebut pastinya berbeda. Tapi nggak menutup kemungkinan kok tiket Tribune dan Festival bisa dijual dengan harga sama rata seperti di konser Angels and Airwaves yang dibuat oleh Java Musikindo. Tentu ini tergantung kebijakan promotor.

Nah sebagai penonton kamu pasti pernah dihadapkan dengan pilihan antara nonton sambil duduk (tribune) atau berdiri (festival). Rata-rata penonton memilih kelas festival karena mengaku “lebih berasa nonton konser!” sedangkan memilih tribune karena nggak mau capek berdiri. Biar nggak bingung, gimana kalau kamu baca bahasan plus-minus nonton di kedua kelas tersebut.

Tiket FESTIVAL

Plus :

1. Front Row
Terdiri dari dua kata yang bisa membuat satu kata dasyat bernama EUPHORIA. Letakknya tepat di depan panggung! Hanya penonton festival yang punya kesempatan berdiri disana. Sejak front row menjadi inceran semua penonton tentunya butuh perjuangan buat ngantri berjam-jam sebelum gate dibuka. Ditambah, lari secepat kilat untuk akhirnya bisa menyentuh pagar barikade yang memisahkan penonton dan panggung.
2. Lompat-lompatan? Terseraaaahh!
Nggak ada batasan di festival. Kamu bisa bergerak sebebas mungkin! Mau lompat atau jungkir balik (ini agak lebay), ya bebas! tapi ingat jangan sampai bikin orang kanan kiri risih. Tetap respect sama penonton lain.
3. Lebih dekat dengan penampil
Keuntungan lain di kelas festival adalah lebih dekat dengan penampil diatas panggung. Bahkan kita bisa eye contact sama mereka dan kalau lagi hoki, bisa aja kalian diajak naik keatas panggung seperti kejadian di konser SUM 41 dan Lostprophets tahun lalu.
4. “Souvenir” dadakan
Ini juga salah satu andalan kelas festival. Biasanya sehabis tampil, para musisi suka “membuang” pick gitar, setlist, handuk atau stick drum. Bahkan saat konser Sum 41 tahun lalu, seorang penonton dikasih cymbal oleh Steve Jocz (drummer) Sum 41.

Minus :

1. Kena injek
Ini hal yang sering dan udah wajar terjadi karena kamu akan berhimpitan sama ribuan orang. Untuk mengatasinya cukup simple, jangan pakai sandal! Pakai sepatu aja tapi jangan yang terlalu mahal, sayang kan kalau kena injek hehehe…
2. Kesenggol atau kedorong orang
Di tengah ribuan penonton, terkadang kita nggak bisa mengendalikan peristiwa kesengol atau menyenggol orang. Kalau tiba-tiba kesenggol, jangan terbakar emosi dulu! Tenangkan diri karena tujuan kita datang kesana sama-sama untuk menikmati musik bukan berantem kan?
3. Kena keringat orang
Untuk bertahan di festival, pasti penonton akan merasakan yang namanya mandi keringat. Banyak kejadian (terutama wanita) merasa jijik kalau kena keringat orang disebelahnya (yang biasanya laki-laki) dan mulai ngomel panjang lebar. Itulah minusnya Festival, kalau nggak mau kena keringat orang silahkan pindah ke tribune hehehe…
4. Resiko barang bawaan jatuh atau kena copet
Ini dia penyakitnya! Sebenarnya bisa banget dihindari dengan nggak membawa barang berharga. Kalau ingin nonton di festival, rasanya cukup membawa KTP plus uang seperlunya dan pastikan kantong kamu dalam. Handphone atau Digicam? Lebih aman dipegang atau dikasih tali yang bisa terikat ditangan. Selalu waspada karena biasanya penonton dan pencopet agak susah dibedakan lho.

Tiket TRIBUNE

Plus :

1. Nggak capek
Nonton di tribune memang nggak capek, kalau udah “tertampar” euphoria tinggal berdiri aja trus lompat-lompat kecil di kursi. Nanti, kalau udah bosen tinggal duduk lagi deh.
2. Pandangan yang luas
Walaupun terletak agak jauh dari panggung dan berada diatas kelas festival tapi sebetulnya pandangan di tribune lebih luas. kita bisa melihat keseluruhan panggung karena penglihatan penonton disini nggak tertutup oleh kepala penonton lain yang ada di depan.
3. Lebih jelas mendengar musik
Terkadang di konser, posisi menentukan sound yang kita dengar. Di tribune penonton umumnya akan lebih jelas mendengarkan sound yang ada. Apalagi kalau kita memilih tribune tengah, sound akan terdengar lebih jelas dari kedua speaker yang ada.
4. Badan tetap kering
Nonton di tribune dijamin nggak bakalan masuk angin karena keringetan. Jadi aman deh nggak perlu bawa baju ganti!

Minus:

1. Nggak bisa ngeliat artis dengan jelas
Karena posisi tribune yang biasanya dibelakang kelas festival maka akan ada keterbatasan jarak pandang.
2. Keterbatasan gerak
Penonton nggak bisa bebas bergerak buat lompat-lompat karena,diharuskan duduk manis di kursi yang tersedia dengan space yang sempit. Hmmm, lagipula agak serem juga yah kalau lompat-lompat di tempat tinggi hehehe..
3. Kehilangan kesempatan dapat “souvenir”
Karena jauh dari panggung, penonton di tribune bakal kehilangan kesempatan buat dapetin barang-barang yang dilempar penampil dari atas panggung.
4. Perasaan “pengen dibawah situ”
Tidak bisa dipungkiri, biasanya penonton tribune punya juga keinginan buat gabung ke bawah kalau melihat penonton festival udah mulai seru. Nah, terkadang keluar deh perasaan pengen nonton di festival.

So, sekarang tinggal kamu pilih mau menonton dari Festival atau Tribune, karena kedua kelas tiket ini punya plus-minusnya. Selamat memilih!

comments