bangun pagi

Berapa kali Kamu bertekad untuk bangun pagi ?, dan ternyata sangat sulit untuk bangun pagi. Harus kamu akui bahwa niat saja tidak cukup untuk membuat angan-angan bangun pagi jadi kenyataan. Kita juga perlu menyertainya dengan sejumlah usaha yang bisa membuat kita mau tak mau harus bangun juga.

Berikut beberapa Tips Untuk Bisa Bangun Pagi.

1. Tidur efektif
Teorinya sih jika kita ingin bangun lebih pagi, maka kita sebaiknya tidur lebih awal. Tapi percuma saja tidur tetapi tidak berkualitas dan kemudian menjadi tidak efektif.

Maka dari itu atur posisi tidur agar nyaman, gunakan bantal pada posisi yang pas, atur suhu kamar agar kita tidak akan terbangun berkali-kali di tengah malam gara-gara kedinginan.

2. Hindari kopi, red wine, dan cokelat sebelum tidur
Menikmati minuman dingin dari kulkas sebelum tidur, mungkin terdengar menyenangkan. Tetapi ingatlah, untuk hindari 3 jenis minuman yaitu kopi, red wine, dan cokelat.

Ada sebuah penelitian menunjukkan tiga jenis makanan dan minuman ini memiliki kemungkinan mengganggu tidur yang sangat tinggi. Mengonsumsinya di malam hari bisa membuat perut kita tidak nyaman dan perlu berkali kali terbangun untuk ke kamar mandi.

3. Buka tirai jendela kamar
Begitu matahari terbit, sinarnya akan masuk ke kamar dan membantu kamu terbangun. Haha namun kamu harus menyiapkan diri jika di malam harinya ada yang mengintip.

4. Geser rutinitas jadi lebih pagi
Atur jadwal agar dilakukan lebih pagi, karena dengan dipaksa dengan cara demikian kita akan lebih termotivasi untuk bangun pagi.

Lakukan jogging, memasak sarapan pagi, membersihkan diri atau apa pun aktivitas yang kita senangi. Lakukan secara rutin setiap hari hingga agar menjadi bagian dari gaya hidup kita.

5. Gunakan 2 alarm
Jika kamu type orang yang susah bangun, maka tidak ada salahnya menggunakan dua alarm. Pasang satu alarm lain dengan bunyi yang lebih kencang, di tempat yang berjarak minimal 5 langkah dari tempat tidur. Dengan demikian kita mau tak mau kamu harus bangun untuk mematikannya. Dan ingat, setelah alarm mati konsistenlah untuk bangun.

6. Simpan segelas air di samping tempat tidur
Begitu alarm menyalak, bangunlah dan cobalah untuk fokus agar tidak limbung. Duduklah di tempat tidur dan minum segelas air sampai tandas dari gelas yang sudah disediakan pada malam harinya. Ini berguna untuk membuat tubuh kita siap segar dan tak ingin kembali tidur.

7. “Jump out of bed”
Istilah dalam bahasa Inggris ini bisa diartikan sebagai “Segera bangun, dan jangan malah klesotan di ranjang”.

8. Pikirkan hal menarik yang akan terjadi hari ini
Rancanglah kegiatan yang akan dilakukan pada ini hari sebelum memutuskan untuk tidur lagi. Dengan bangun pagi, kita akan memiliki lebih banyak waktu untuk bersiap-siap, memilih outfit yang akan dikenakan, menata rambut, dan lebih memperhatikan penampilan. Sungguh Menyenangkan, bukan?

9. Jadikan kebiasaan
Setelah mulai bisa bangun pagi, maka lakukan secara rutin untuk kemudian menjadi kebiasaan baru. Jangan sampai, senin-jumat bisa bangun pagi, tetapi weekend malah bangun siang.

Hal ini bisa merusak ritme yang dibangun lho, karena tanpa disadari tubuh itu bekerja menyesuaikan dengan jadwal yang sudah jadi kebiasaan. Jika rutinitas itu dirusak misal dua hari weekend bangun siang, maka tubuh pun akan mengikuti jadwal yang baru dan lupa bangun pagi di hari senin.

10. Pikirkan risikonya
Percaya deh, setiap kamu berpikir, “Tidur bentar lagi, 10 menit lagi,” justru malah kemudian makin malas untuk bangun, yang ada malah ngaret sejam klesotan di atas kasur. Lupakan tidur 10 menit lagi, ayo bangun dan mulailah mandi pagi, kita masih punya banyak waktu untuk tidur besok-besok.

Semoga kamu bisa Bangun Pagi ya, menyenangkan bisa bangun lebih pagi, saat matahari terbit kita masih bisa menikmati momennay, di temani menghirup udara pagi yang masih fresh, yakin deh gaya hidup seperti ini akan membuat kamu lebih sehat.

comments