Motivasi merupakan modal penting dalam melakukan berbagai macam tindakan. Disebut juga semangat, maka tanpa hal tersebut seseorang akan merasa kurang antusias dalam menjalankan tugasnya. Dalam perusahaan, sangat penting bagi setiap karyawan untuk tetap merasa termotivasi untuk bekerja agar kinerja seluruh operasional organisasi tidak terganggu. Saat motivasi kerja pegawainya menurun, pemimpin atau pemilik perusahaan harus segera melakukan tindakan.

Apabila seseorang merasa mengalami penurunan motivasi, ia sebaiknya tidak menunggu perusahaan mengadakan pelatihan. Masih banyak cara lain yang bisa dilakukan agar tetap bisa mempertahankan semangat bekerja dan melakukan hal-hal lainnya. Salah satunya adalah dengan mengikuti kelas training secara private dengan biaya sendiri atau cukup membaca buku motivasi.

Jika Anda butuh presentasi bagus tentang ilmu motivasi, silakan klik : www.IlmuMotivasi.com

Buku adalah jendela dunia atau sumber ilmu dimana kita dapat mempelajari banyak hal termasuk pengertian motivasi, cara memunculkannya dalam diri dan cara mempertahankannya agar tetap terjaga. Motivator-motivator handal biasanya merangkup ilmu dan pengetahuan yang dimiliki dalam bentuk buku agar lebih mudah dipelajari oleh banyak kalangan. Buku motivasi juga menjadi alternatif belajar baik selama atau tidak mengikuti pelatihan khusus yang biasa diadakan oleh perusahaan. Anda tetap bisa memanfaatkan buku tersebut sebagai sumber ilmu yang bisa dipelajari sendiri dan tentunya dengan harga yang relatif terjangkau.

Ada begitu banyak buku bertemakan motivasi beredar di pasaran. Tulisan-tulisan motivator ternama terutama yang berasal dari luar negeri juga sering menghiasi deretan buku yang termasuk best seller. Hal itu karena tingginya kebutuhan akan cara menumbuhkan dan mempertahankan motivasi, seperti yang diperlukan dalam berbisnis.

Buku motivasi yang bagus tentunya benar-benar berisi pengetahuan yang membantu pembacanya. Buku tersebut memiliki manfaat sebagai berikut:
•    Meningkatkan dan memperbaharui motivasi pembaca. Isinya ditulis dengan baik sehingga menggugah pikiran dan hati pembaca untuk lebih semangat lagi serta tidak mudah putus asa.
•    Pembaca dapat menularkan kembali ilmu yang didapat kepada orang lain. Tentunya, dasar ilmu yang dibagi harus kuat. Misalnya dengan mengutip dari buku yang ditulis oleh motivator terkenal.
•    Pembaca menjadi lebih kreatif dan tidak ragu mengekspresikan ide-ide dalam setiap inovasi baik performa kerja maupun bisnis. Manfaat tersebut dapat diperoleh tanpa harus mengikuti kelas training khusus yang biasanya berbiaya besar.

Pemahaman yang tepat tentang motivasi akan memudahkan seseorang dalam memunculkan dan mempertahankan semangat tersebut. Seringkali orang lupa tujuan dari setiap tindakan yang dilakukan. Mereka akan merasa kelelahan mencoba dan mudah berputus asa saat tujuan tersebut belum bisa tercapai dengan baik.

Motivasi tidak harus dipelajari secara formal. Secara sendirinya hal tersebut akan muncul saat seseorang memiliki kebutuhan. Hal yang terpenting untuk dipelajari adalah cara mengendalikan atau mempertahankan agar motivasi tersebut tidak memudar. Membaca buku dapat menjadi solusi praktis karena dapat dilakukan sendiri dimanapun dan kapanpun. Harga buku-buku motivasi juga relatif terjangkau, dibandingkan apabila mengikut training khusus di luar perusahaan.

Begitu banyaknya buku dengan topik yang sama tentu sedikit menyulitkan dalam memilih mana yang akan dibeli. Agar tidak salah menentukan pilihan, pastikan fokus pada kebutuhan. Buku motivasi yang bagus ditulis oleh motivator yang ternama. Saat memilih, pastikan tentang menyediakan informasi yang belum pernah dipelajari sebelumnya. Perhatikan pula detail konten secara teliti agar buku tersebut benar-benar mengandung pengetahuan yang sedang dibutuhkan atau dicari. Jangan sampai investasi pada buku itu justru sia-sia karena isinya kurang bermanfaat bagi pembaca.

comments