Semua tentang Asam Urat

Asam urat adalah salah satu penyakit yang cukup menyakitkan dan bisa menurunkan kualitas hidup penderitanya. Hal ini terjadi karena mereka menjadi tidak bisa bebas bergerak. Penyakit ini menyerang persendian sehingga akan terasa sakit ketika diajak berjalan.

Semua tentang penyakit asam urat penting untuk diketahui agar kita bisa mencegahnya sejak dini. Penyakit ini disebabkan oleh pengendapan kristal monosodium urate (MSU) pada persendian yang jika dibiarkan bisa memicu reaksi peradangan. Keadaan ini erat kaitannya dengan kondisi meningkatnya kadar asam urat dalam darah atau yang disebut dengan hiperurisemia.

Asam urat sering terjadi pada jempol kaki dan dapat muncul di bagian tubuh lain, seperti tumit, punggung kaki, pergelangan kaki, lutut, siku, pinggul, ibu jari dan jari. Asam urat akut biasanya muncul tiba-tiba, berupa persendian yang sangat nyeri, berwarna merah, panas dan bengkak.

Penyakit ini umumnya menyerang pria dari segala usia, namun umumnya ditemui pada usia 50an keatas. Dan pada wanita umumnya terlihat pada lansia atau setelah menopause. beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko asam urat diantaranya adalah seperti obesitas, tekanan darah tinggi, gaya hidup tidak sehat dan minuman beralkohol.

Diet Penderita Asam Urat

Makanan adalah salh satu faktor penting yang dapat mempengaruhi asam urat. Tujuan utama dari diet adalah untuk membatasi asupan makanan dengan jumlah purin yang tinggi di dalamnya. Idealnya, kita harus menghindari makanan yang mengandung purin tinggi dan hanya sedikit makanan yang mengandung purin dalam jumlah sedang.

diet asam urat

Makanan yang memili kandungan tinggi purin meliputi:

  • Beberapa ikan, makanan laut dan kerang, termasuk ikan teri, sarden, mackerel, scallop, herring, remis, codfish, trout, dan haddock
  • Beberapa daging seperti bacon, kalkun, daging sapi muda, daging rusa, hati, ginjal sapi, otak, dan roti manis
  • Minuman beralkohol

Makanan yang mengandung purin sedang:

  • Daging seperti Unggas
  • Sayuran seperti asparagus, bayam, kacang hijau, jamur, dan kembang kol
  • Kacang merah

Pastikan untuk melakukannya secara perlahan karena penurunan berat badan yang cepat justru akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Konsumsi banyak cairan, ini dapat membantu menghilangkan asam urat dari darah. tetapi pastikan untuk membatasi cairan dengan kafein dan/atau kalori. Air putih adalah yang terbaik.

Mengonsumsi yogurt rendah lemak juga mengkonsumsi buah seperti ceri, dan sayuran yang bukan sumber purin akan sangat membantu.

Kesimpulan

Kesehatan adalah anugerah yang paling besar dari yang maha kuasa. Kita harus senantiasa menjaganya agar kita selalu dalam kondisi yang terbaik. Gaya hidup sehat dan olahraga teratur adalah beberapa ihtiar kita untuk senantiasa terhindar dari berbagai penyakit.

comments

Artikel sebelumyaSinopsis Ayla: The Daughter of War, Film yang Mengharukan
Artikel berikutnyaSinopsis Film Korea Guimoon, Horor Exorcisme
Seorang yang sangat suka dengan dunia internet, dan doyan nonton film korea.