Pemeran utama Dong yi : Jewel in the crown

Pemeran utama Dong yi : Jewel in the crown adalah Han Hyo Joo. Familiar dengan wajahnya, teryata ia sebelumnya main di Brilliant Legacy sebagai Go eun seong, yang juga tayang di Indosiar.

Biodata pemeran utama Dong Yi [Han Hyo Joo] :
Nama: Han Hyo Joo [Han Hyo Ju]
Profesi: Aktris dan model
TTL: Cheongju, Korea Selatan, 22 Februari 1987
Tinggi badan: 170 cm
Berat badan: 48 kg
Zodiak: Pisces
Golongan darah: A
Agama: Kristen
Hobi: Menyanyi dan menulis
Bakat: Mahir bermain piano, mendongeng, menulis, berlari, bermain anggar

Sinetron yang pernah ia mainkan :
2005: 5 Nonstop 5 (MBC) as Han Hyo Joo
2006: Spring Waltz (KBS2) as Park Eun Young
2007: Like Land and Sky (KBS1) as Suk Ji Soo
2008: Iljimae (SBS) as Eun Chae
2009: Brilliant Legacy (SBS) as Go Eun Sung
2009: Soul Special (KBS) as Jin Mi Ah
2010: Dong Yi (MBC) as Choi Sook Bin

FTV
2009: Heaven’s Postman as Jo Hana / Saki [Telecinema]

Film Layar Lebar
2005: My Boss, My Teacher as Yoo Mi Jung
2006: Ad-Lib Night as the Girl
2008: Ride Away as Im Ha Jung
2008: My Dear Enemy as Woman at the bus stop / Voice on the phone [cameo]

Seperti dikutip dari Tabloid Bintang Indonesia Edisi 978 | Tahun XIX | Minggu Kedua Februari 2010 oleh Rizki Adi Abeba [Edisi Online: Senin, 8 Februari 2010] - Selama 5 tahun perjalanan karier akting Han Hyo Joo selalu muncul dalam drama-drama korea populer. Baru di tahun kelima kariernya, nama Han Hyo Joo melejit dan diperhitungkan sebagai aktris papan atas.

Bermula kerika ia bermain di drama Shining Inheritance atau Brilliant Legacy [BL] yang memperoleh respons mengagumkan dari penonton di Korea. Karakter Eun Seong sebagai gadis ceria, pekerja keras, tulus, dan menyenangkan sangatlah disukai penonton. Meski Brilliant Legacy di Korea sudah usai tayang, Han Hyo Joo sering dipanggil dengan nama Eun Seong.

Ia makin eksis dan terus dilirik untuk memainkan berbagai peran sentral di serial-serial baru korea. Setelah membatalkan proyek serial Chuno, Hyo Joo memastikan akan muncul di drama korea kolosal Dong Yi.

Karakter Dong Yi seperti nama judul drama tersebut yang diperankan Han Hyo-joo ini dalam sejarah tercatat bermula sebagai pelayan di istana era dinasti Joseon, lalu menjadi selir raja yang mendapatkan kepercayaan ratu yang berkuasa saat itu. Tidak hanya itu, Dong Yi juga melahirkan seorang putra yang kelak menjadi raja berikutnya.

Peran utama memang tidak asing bagi Han Hyo-joo, namun memerankan karakter utama berdasarkan tokoh sejarah nyata dalam drama Saeguk kolosal, sempat membuatnya merasakan tekanan. Seperti yang diungkapkan Han Hyo-joo dalam sebuah wawancara, ia merasakan tekanan besar karena karena tidak hanya bermain dalam drama sejarah yang kolosal, namun juga merasa harus memerankan karakternya dengan sebaik-baiknya.

Karakter tokoh Dong Yi harus diperankannya dari usia remaja hingga 50 tahunan, sehingga sempat membuat Han Hyo-joo merasa gamang. Namun, ia merasa hal itu adalah kesempatan baik yang tidak boleh dilewatkan untuk membuktikan kemampuan aktingnya. Selain itu, peran tersebut juga merupakan kehormatan besar baginya, karena kesempatan itu jarang didapatkan oleh bintang Korea lainnya.

Drama korea Dong Yi memang pantas diperankan Han Hyo-Joo karena tidak hanya memiliki kapasitas akting hebat, namun juga kemampuan untuk berperan dengan sosok yang bervariasi. Menanggapi kepercayaan sang sutradara, Han Hyo-joo sangat berterima kasih dan akan berusaha sebaik-baiknya dalam drama korea Dong Yi.