Bagi calon ibu yang sedang mengalami masa kehamilan, mungkin akan ada sedikit kekhawatiran ketika akan menghadapi persalinan. Apakah akan dilalui dengan normal ataukah dengan proses operasi, namun kebanyakan ibu biasanya memilih untuk proses melahirkan normal. Proses persalinan normal bisa disebut juga proses persalinan secara alami yaitu melalui rahim sang ibu yang diawali dengan adanya kontraksi terlebih dahulu.

Tanda akan melahirkan normal:

  1. Pendarahan, akan keluar selaput darah dari daerah intim.
  2. Nyeri di bagian punggung bagian bawah yang sering dirasakan ketika masuk minggu ke-40 masa kehamilan, dan hal ini disebabkan karena letak bayi yang mulai turun dan kepala bayi sudah masuk ke lingkaran tulang.
  3. Kontraksi yang lebih sering terjadi pada areal persalinan hanya akan berlangsung singkat, namun ketika mendekati kelahiran kontraksi lebih kuat dan lama.
  4. Pecahnya selaput pembalut dan sering terjadi pada kehamilan pertama. Terkadang, ada kelahiran yang ditandai dengan keluarnya cairan bening dari organ intim dan bau ketuban amis namun tidak seperti amoniak.
  5. Nyeri ketika melahirkan karena kontraksi pada pinggul bawah atau perut bawah. Rasa nyeri tersebut berlangsung hingga 20-40 menit.

Sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa hal untuk persiapan melahirkan normal si buah hati.

Hal ini tidak kalah penting untuk dipikirkan, apa saja?

  1. Tempat Melahirkan

Ada baiknya Anda memilih tempat bersalin yang tidak jauh dari rumah atau tempat Anda bekerja, hal ini bertujuan untuk meringkas waktu menuju tempat bersalin juga demi meminimalisir hambatan. Akan lebih baik jika Anda sudah punya kenalan Dokter yang telah beberapa kali Anda temui untuk berkonsultasi. Jika memang tempat Dokter tersebut tidak jauh dari tempat Anda, coba bicarakan tentang rencana melahirkan Anda nanti, apakah bisa untuk melahirkan di bawah pengawasannya.

  1. Tenaga Ahli Yang Membantu

Anda juga perlu memastikan apakah Dokter atau Bidan yang kelak akan membantu Anda bersalin bisa membantu keinginan Anda seperti mampu memfasilitasi praktik IMD dan merekomendasikan rawat gabung bersama bayi Anda. Karena persiapan ini saat membantu Anda lebih tenang dalam menyambut lahirnya si buah hati.

  1. Pendamping

Selain suami, biasanya ibu yang akan melahirkan cenderung ingin ada sosok ibunya yang menemani. Ibu yang akan melahirkan seorang anak, ia butuh dimotivasi dan didamaikan hatinya agar pikirannya tenang, tidak kalut.

  1. Tas Untuk Ke RS

Dianjurkan untuk membawa tas yang besar dengan perlengkapan yang lengkap seperti handuk, selendang/sarung, pakaian dalam dan perlengkapan bayi. Agar ketika si bayi sudah lahir, Anda dan suami Anda tidak keteteran mempersiapkan segalanya.

  1. Pelajari Cara Menyusui

Ini adalah hal terpenting yang patut Anda siapkan untuk si buah hati. Bagaimana cara menggendong, menyusui dan membuatnya nyaman di pelukan Anda. Karena ada beberapa bayi yang sedikit sulit untuk menyusu ketika baru pertama kali.

Beberapa tips persiapan melahirkan normal juga bisa dibaca di https://www.parentingclub.co.id/smart-stories/persiapan-melahirkan-ini-bikin-mam-lebih-tenang-menjalani-persalinan sebagai referensi yang terpercaya, stay health mom.

comments