anak demam

Tak jarang saat anak demam tinggi, orang tua jadi khawatir. Namun, justru kepanikan yang amat besar, malah mengakibatkan pengambilan keputusan jadi tergesa, dan berakhir kurang tepat. Dibutuhkan sikap tenang untuk mengatasi demam pada anak.

Umunnya, suhu normal anak adalah 36,4 – 37,5°C, dan dikatakan demam saat suhu tubuh mencapai 38°C. Banyak hal yang bisa menyebabkan demam pada anak, dan tidak berarti harus ditangani langsung pakai obat.

Penyebab Demam Tinggi Pada Anak
Mungkin, banyak orang tua yang tidak tahu. Bahwa demam adakah mekanisme alami tubuh untuk melawan infeksi. Adanya demam, merupakan pertanda bahwa tubuh bekerja dalam memerangi flu atau infeksi lain. Demam terjadi berdasarkan perintah otak, guna mengarahkan sel-sel darah putih untuk melawan bakteri dan virus.

Ada beberapa penyebab anak mengalami demam tinggi, sebagai berikut:

1. Infeksi
Seperti uraian di atas, demam adalah tanda bahwa tubuh tengah meningkatkan sistem kekebalan untuk menghadang infeksi. Sering kali, infeksi yang terjadi adalah akibat bakteri maupun virus. Infeksi ini, akan menyebabkan demam tinggi, roseola, flu, radang amandel, infeksi telinga, infeksi ginjal, infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran kemih, batuk Rejan dan juga cacar air.

2. Pakaian dan Suhu Lingkungan
Demam juga bisa datang saat anak terlampau lama beraktivitas di luar saat cuaca panas, atau bermain hujan. Bisa juga karena anak mengenakan pakaian terlalu tebal. Bisanya, kondisi ini sering terjadi pada bayi baru lahir, sehingga, dianjurkan untuk pemakaian pakaian tebal hanya saat suhu dingin saja.

3. Efek Imunisasi
Yang satu ini, pasti sudah lazim didengar. Sebagian bayi, memang kerap mengalami demam seusai imunisasi. Biasanya, tergolong demam ringan.

Cara Atasi Demam Tinggi Pada Anak

Jagalah agar anak tetap terpenuhi asupan cairannya, hal tersebut adalah salah satu cara alami menurunkan demam. Minum air putih secukupnya, atau memberikan banyak ASI ataupun susu formula untuk bayi. Selain mencukupi cairan tubuh, ada juga cara lain untuk meredakan demam tinggi pada anak, sebagai berikut:

1. Pastikan anak nyaman, berikan suhu ruangan sejuk.
2. Buka jendela agar pertukaran udara sempurna, juga selimuti anak dengan kain tipis.
3. Kompres anak dengan air hangat
4. Perbanyak waktu istirahat anak, jangan perbolehkan dulu keluar Rumah.

Prinsip utama yang perlu dipegang orang tua saat demam pada anak tinggi adalah, buatlah kondisinya senyaman mungkin. Jangan panik, jika kondisi memburuk segeralah bawa ke instalasi medis terdekat untuk segera mendapatkan penanganan.

comments