Banyak orang yang seringkali mengira jika dokter dan perawat adalah mereka yang berperan dalam membantu kesembuhan seorang pasien. Padahal masih adalagi pihak yang tak kalah pentingnya dari itu yakni Ahli farmasi yang meliputi seluruh Tenaga Teknis Kefarmasian yang bertugas untuk memastikan pasien mendapatkan obat yang tepat.

Ahli farmasi berperan mulai dari penelitian dan pengembangan obat hingga memastikan pasien menerima dosis yang tepat. Mereka juga dituntut untuk memahami cara kerja obat dan interaksinya dengan tubuh sehingga pasien yang meminumnya dapat memperoleh hasil terbaik dari pengobatan tersebut.

Mengenal Pafi, organisasi medis untuk Tenaga Teknis Kefarmasian

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) adalah Organisasi medis pertama yang berdiri di republik ini, yakni enam bulan sejak proklamasi, tepatnya pada tanggal 13 Februari 1946 di Hotel Merdeka Yogyakarta.

Dengan perjalanan panjangnya ini Pafi yang pada awalnya merupakan organisasi profesi untuk asisten apoteker, namun saat ini telah meliputi seluruh tenaga teknis kefarmasian. Organisasi memiliki komitmen untuk meningkatkan kompetensi anggotanya juga menegakan kode etik yang telah disepakati bersama.

Hingga saat ini PAFI sudah memiliki banyak perwakilan di setiap Kota di Indonesia. Seperti Pafi Kota Mojokerto yang beralamatkan di Jl. Ngaglik II, Mergelo Kota Mojokerto. Dengan hadirnya Pengurus Cabang di setiap kota maka kualitas tenaga farmasi akan menjadi lebih baik. Ini karena PAFI memiliki program mentoring yang bisa membantu pengembangan keterampilan dan potensi anggota.

Pafi Kota Mojokerto bisa menjadi ajang tenaga farmasi di Kota ini untuk berkolaborasi dan saling bertukar ide untuk kemajuan profesi ini. Dengan meningkatnya keterampilan tenaga farmasi maka pelayanan kepada masyarakat akan menjadi lebih maksimal sehingga pada akhirnya menumbuhkan kepercayaan yang lebih tinggi pada tenaga farmasi.

Keuntungan Menjadi Anggota sebuah Organisasi Profesi

Pafi Kota-Mojokerto

1. Dukungan advokasi

Pafi secara konsisten memperjuangkan kesejahteraan para Tenaga Teknis Kefarmasian. Organisasi mengadvokasi dan memastikan profesi ini memperoleh hak-hak, kesejahteraan, dan profesionalitas serta kompetensi.

Dengan bergabung dengan organisasi, Kita tidak hanya berkumpul tetapi juga secara aktif membentuk kebijakan yang membantu komunitas menjadi lebih baik dalam memajukan profesi Kefarmasian.

2. Memperluas jaringan

Organisasi farmasi lebih dari sekedar organisasi. Ini adalah komunitas dinamis yang terdiri dari orang-orang yang memiliki minat yang sama terhadap farmasi. Ketika bergabung kita akan membuka banyak peluang membentuk jaringan.

Kita akan bertemu dengan sesama Tenaga Teknis Kefarmasian, membangun hubungan dengan industri farmasi, dan terhubung dengan orang lain yang memahami tantangan dan peluang dari dunia farmasi. Jaringan ini dapat membuka pintu bagi kolaborasi dan bertukar wawasan yang berharga.

3. Kesempatan mengembangkan diri

Dalam dunia farmasi, selalu mengikuti perkembangan terkini bukan hanya sebuah pilihan melainkan suatu keharusan. Pafi menawarkan banyak kesempatan bagi anggotanya untuk mengembangkan diri secara profesional.

Organisasi seringkali menyelenggarakan pelatihan, workshop, seminar, lokakarya, webinar, dan konferensi yang membahas informasi terkini dan praktik terbaik di bidang farmasi.

4. Akses kepada Informasi terkini

Saat Kita bergabung dengan asosiasi farmasi Kita akan mendapatkan akses ke banyak informasi, regulasi, dan alat pendukung yang berdampak positif pada pengembangan kompetensi.

Kita juga akan selalu mendapat informasi terkini tentang standar terbaru dan praktik terbaik di bidang farmasi. Seperti dapat memanfaatkan penelitian, publikasi, dan database yang dapat membantu dalam efektivitas perawatan pasien.

5. Memperkuat Komunitas Farmasi

Dengan bergabung dengan organisasi, maka Kita berkesempatan untuk menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dari diri Kita sendiri yakni memperkuat komunitas farmasi secara keseluruhan.

Dengan menjadi anggota aktif, Kita dapat berperan penting dan berkontribusi mendukung perubahan positif, memastikan perawatan pasien yang berkualitas, dan membentuk masa depan farmasi yang lebih baik lagi.

Kesimpulan

PAFI memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga layanan tenaga farmasi tetap prima. Dengan bergabung menjadi anggota, ini adalah pilihan yang tidak hanya menguntungkan bagi diri sendiri, tetapi juga penting bagi layanan perawatan pasien, dan komunitas secara keseluruhan.

Bagi Kamu yang berada di Kota Mojokerto bisa akses https://pafimojokertokota.org/ untuk mengetahui lebih jauh tentang Persatuan Ahli Farmasi di kota ini.