bahasa inggris
bahasa inggris

Tips Menguasai Bahasa Inggris – Baru tertarik untuk belajar bahasa Inggris? Wujudkan mimpimu untuk bisa lancar berbicara bahasa Inggris dengan mulai belajar dari sekarang. Tidak ada orang yang langsung mahir tanpa proses. Semua selalu melewati proses belajar baik panjang atau pendek.

Intensitas belajar akan menentukan apakah kamu bisa cepat menguasainya. Semakin tinggi intensitas belajar sekaligus materi yang dikuasai, dalam hitungan bulan saja kamu bisa menguasainya.

Ditambah lagi jika kamu menemukan cara belajar yang mudah dipelajari seperti mengikuti persiapan IELTS lokasi Jakarta .

Tips Cepat dan Mudah Mempelajari Bahasa Inggris

Motivasi adalah hal pertama yang harus dimiliki, tanpa motivasi akan sulit bagi kamu untuk menjalani proses belajar dalam jangka panjang. Untuk bisa mendapatkan motivasi, ingatlah tujuan kamu mempelajarinya. Tujuan bisa menjadi ambisi untuk bisa segera menguasai dan menikmati prosesnya.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah.

1. Praktek, Praktek dan Praktek

Cara paling cepat untuk bisa menguasai percakapan adalah dengan praktek. Jangan lewatkan seharipun untuk tidak mengucapkan kosakata atau kalimat dalam bahasa Inggris. Kamu bisa mengikuti atau mengulangi kalimat yang diucapkan aktor atau aktris dalam film. Bisa juga mengucapkan nama benda di dalam rumah dalam bahasa Inggris. Sering mengucapkan dan mengulanginya terus menerus akan meningkatkan hafalan.

2. Temukan materi sebanyak-banyaknya

Semakin banyak materi yang dipelajari maka akan semakin besar juga dampaknya. Misalnya saja kamu mengelompokkan kosakata untuk dihafalkan. Ada puluhan ribu kosakata yang bisa dihafalkan satu per satu setiap hari dalam bentuk frasa atau kalimat. Pilih tema-tema awal sesuai dengan yang disukai supaya kamu lebih antusias untuk menghafalkannya.

belajar bahasa inggris
belajar bahasa inggris

3. Fokus dalam berkomunikasi

Jika ingin lebih cepat menguasai bahasa Inggris, akan lebih baik jika kamu fokus pada materi komunikasi secara langsung. Misalnya saja belajar memperkenalkan diri di depan cermin. Lancarkan pelafalan ketika memperkenalkan diri, dimulai dengan membaca catatan hingga akhirnya lepas. Setelah mahir, kamu bisa belajar berkomunikasi dengan teman. Temukan tema-tema menarik untuk dibahas.

4. Hindari menerjemahkan setiap kata

Pada saat menerjemahkan kalimat baik itu tulisan atau audio jangan terjemahkan di setiap kata. Penerjemahan yang baik adalah dilakukan dalam bentuk satu kalimat atau frasa supaya makna yang terkandung di dalamnya dapat diketahui dengan jelas. Suatu hal yang salah jika jika kamu menerjemahkan menggunakan setiap kata menggunakan kamus.

Translate dari kata ke kata secara umum tidak bisa bekerja dengan baik ketika kamu menerjemahkan kalimat seperti idiom, preposisi dan auxiliaries. Hasilnya adalah bukan makna yang terkandung atau sebenarnya.

5. Kenali sejauh mana kamu telah berkembang

Kamu harus tahu sudah sejauh mana materi bahasa Inggris telah dipelajari dan juga dikuasai. Tes memang bukan hal yang banyak disukai oleh orang yang sedang belajar, tapi itu dibutuhkan untuk mengetahui kemampuan. Sehingga kamu bisa tahu langkah apa yang selanjutnya harus diambil. Saat ini sudah banyak tes online gratis yang diadakan untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris.

Namun jika ingin mengetahui secara pasti sejauh mana kemampuanmu maka mengikuti tes resmi juga tidak ada salahnya. Beberapa tempat kursus menyelenggarakan percobaan tes seperti TOEFL dan IELTS dengan harga murah. Kamu bisa mengikutinya juga sebagai persiapan menempuh tes yang asli.

6. Harus Realistis

Tujuan bisa menjadi ambisi dan motivasi, tapi tetap ingat bahwa menentukan tujuan tersebut harus realistis. Kamu bisa menentukan hasil jangka panjang dan pendek apa saja yang harus diraih serta realistis. Kamu tidak mungkin menargetkan kemampuan membaca secara lancar dalam waktu satu bulan? Oleh karena itu buatlah target supaya lebih mudah meraih tujuanmu tersebut.

Misalnya saja kamu memiliki target jangka pendek selama satu bulan untuk bisa memperkenalkan diri dengan lancar. Target ini harus selalu dikembangkan dan diperbaharui apabila target sebelumnya sudah tercapai.

7. Buatlah jurnal belajar

Jurnal dalam bentuk buku harian tentunya akan sangat membantumu ketika sedang kesulitan mencari tahu materi apa saja yang belum dipahami dengan baik. Kamu perlu menengok jurnal kembali dan mengingat materi mana saja yang belum dihafalkan atau dikuasai. Artinya kamu perlu mengulangi materi tersebut hingga menguasainya.

Adanya jurnal juga akan membuatmu terus berusaha supaya bisa menciptakan hasil belajar sesuai dengan target yang diinginkan.

comments