belajar bahasa jerman mudah
belajar bahasa jerman mudah

Belajar Bahasa Jerman Otodidak – Anda merasa kesulitan ketika ingin belajar bahasa asing yang baru? Tidak ada yang mudah ketika Anda benar-benar ingin belajar bahasa asing yang baru termasuk bahasa Jerman. Tetapi jika Anda sudah niat dan selalu disiplin dalam belajar dan mengikuti kelas kursus Bahasa Jerman di Jakarta Anda pasti akan bisa.

Bahasa Jerman adalah bahasa yang logis dengan sintaksis yang teratur dan mempunyai beberapa kosakata dari bahasa asing. Bahasa Jerman masuk dalam rumpun bahasa Denmark, Inggris, dan Belanda.

Tetapi bagaimana jika Anda tidak memiliki waktu yang lebih atau uang untuk mengikuti kursus Bahasa Jerman? Tentu saja belajar bahasa Jerman otodidak menjadi solusi yang tepat.

Karena beberapa tipe orang lebih nyaman belajar bahasa Jerman otodidak daripada harus mengikuti kelas kursus. Tetapi, belajar dengan otodidak pun harus dilakukan dengan disiplin yang tinggi, kecekatan, kemandirian, dan inovasi dalam membuat bahan pembelajaran.

Terutama jika Anda belajar bahasa Jerman otodidak yang belum familiar di masyarakat Indonesia. Walaupun Jerman secara budaya sudah dikenal banyak di masyarakat, tetapi minat mempelajari bahasa ini belum sebanyak Bahasa Inggris.

6 Tips Belajar Bahasa Jerman Otodidak

Lembaga kursus bahasa Jerman di Indonesia jumlahnya tidak sebanyak kursus bahasa Inggris. Nah, berikut ini beberapa tips bagi Anda yang ingin belajar bahasa Jerman otodidak yang mudah sekali untuk diterapkan, diantaranya yaitu:

bahasa jerman

1. Menentukan Target dan Membuat Rencana yang Jelas

Jika Anda belajar bahasa Jerman untuk keperluan melanjutkan pendidikan, mendapatkan beasiswa, atau bekerja di Jerman, dengan target yang jelas akan membawa Anda pada rencana yang spesifik.

Anda yang ingin melanjutkan pendidikan, maka target terendah Anda untuk dapat melewati standar tes Bahasa Jerman yang diterima di Universitas adalah B2. Target yang harus dipenuhi jika Anda hanya ingin bekerja di perusahaan Jerman yang berinvestasi di Indonesia tentu saja berbeda jika Anda ingin melanjutkan pendidikan.

Dengan target yang jelas, maka Anda dapat mengukur berapa lama waktu belajar dan diselingi beberapa tes. Jika target Anda 2 tahun untuk mendapatkan sertifikat B2, maka setiap Anda belajar bahasa Jerman secara otodidak 6 bulan sekali Anda dapat mengikuti tes Bahasa Jerman yang terdapat di beberapa lembaga kursus.

2. Buatlah Pola Belajar yang Konsisten

Kunci utama jika Anda ingin sukses dalam belajar bahasa Jerman otodidak adalah belajar dengan konsisten. Jika Anda membuat 2 jam setiap hari untuk belajar, maka tidak ada alasan untuk tidak belajar. Waktu 2 jam dalam sehari itu bisa Anda lakukan kapan saja, pagi, siang, sore, atau malam senyamannya Anda.

Anda juga bisa membagi beberapa bagian materi yang harus Anda pelajari, misal hari Senin belajar Listering Jerman, Selasa belajar kosakata, dan seterusnya. Anda bisa memiliki logbook pedoman dan catatan progress pembelajaran Anda.

3. Memanfaatkan Multimedia

Youtube tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan? Akses multimedia yang satu ini bisa Anda manfaatkan untuk belajar bahasa Jerman otodidak. Tidak hanya dengan mencari materi di Google, di Youtube sudah ada banyak yang memberikan tips belajar bahasa Jerman otodidak yang bisa Anda terapkan.

Anda juga bisa mendengarkan siaran radio dengan Bahasa Jerman, mendengar paparan pejabat di Jerman, sidang-sidang debat parlemen di Jerman, kata-kata yang familiar di Jerman, hingga komunitas yang sering mengadakan diskusi budaya di Jerman. Hal seperti ini bisa membuat Anda terbiasa mendengar percakapan dalam Bahasa Jerman mulai dari percakapan sehari-hari hingga percakapan yang cukup berat.

4. Bergabunglah dengan Komunitas Bahasa Jerman

Selain Belajar bahasa Jerman otodidak, Anda juga ingin melatih berbicara dan menambah wawasan tentang negara Jerman ? Anda bisa bergabung dengan banyak komunitas Bahasa Jerman di Indonesia. Selain belajar bahasa Jerman, Anda bisa juga sharing mengenai pengalaman belajar dan budaya di Jerman.

5. Datanglah ke Education Fair

Anda mungkin bingung, apa hubungannya belajar bahasa Jerman otodidak dengan mengunjungi Education Fair? Jika Anda tertarik ingin menimba ilmu di Jerman, dengan mengunjungi Education Fair bisa menambah semangat Anda dalam belajar.

Uni Eropa tidak pernah absen menghadiri Education Fair di Indonesia. Anda bisa juga berkonsultasi disana dan mendapatkan banyak motivasi untuk bisa mengunjungi negara tersebut.

6. Manfaatkan Internet secara Maksimal

Salah satu keuntungan bagi Anda yang belajar bahasa Jerman otodidak adalah tidak perlu mengeluarkan biaya lebih banyak untuk membeli buku. Anda bisa memanfaatkan internet untuk mengakses materi-materi yang Anda butuhkan.

Banyak sekali e-book tentang belajar bahasa Jerman yang bisa Anda download secara gratis. Bahkan ada beberapa orang yang menawarkan diskusi belajar bahasa Jerman secara gratis melalui grup WhatsApp atau Facebook. Menarik sekali bukan?

Itulah beberapa tips belajar bahasa Jerman otodidak yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan memberi Anda motivasi untuk belajar bahasa Jerman.

comments