Kebutuhan masyarakat Indonesia untuk memiliki mobil baru semakin tinggi setiap tahunnya. Maka tidak heran jika transaksi kredit mobil baru 2022 di Indonesia mengalami pertumbuhan. Pemulihan ekonomi juga menjadi sebab daya beli masyarakat Indonesia meningkat.

Metode pembelian mobil secara kredit paling banyak digunakan karena tidak perlu menunggu lama mobil impian bisa dibawa pulang ke rumah. Hal yaang sering menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya agar cicilan per bulannya ringan.

Cara Kredit Mobil Baru dengan Cicilan Ringan

1. Pilih Jenis Mobil yang Memang Dibutuhkan

Saat memilih mobil sesuaikan dengan kebutuhan misalnya untuk digunakan dalam kota, bisa memilih jenis city car. Jika untuk digunakan mengangkut seluruh anggota keluarga, maka sebaiknya pilih jenis SUV atau MPV.

Memang tidak ada salahnya jika berkeinginan membeli mobil mewah dengan harga fantastis selama mampu membayar cicilan per bulannya. Tapi pertanyaannya apakah ke depannya kondisi finansial akan selalu stabil.

2. Siapkan Uang Muka (DP) Lebih

Apabila belum mempunyai uang muka yang cukup, sebaiknya menabung terlebih dulu. Jangan dipaksakan untuk segera membeli mobil baru jika uang muka yang dimiliki pas-pasan karena dampaknya sangat tidak baik seperti cicilan per bulan yang besar.

Cicilan besar akan menimbulkan risiko yang berujung pada ketidakstabilan kondisi finansial. Ingat kebutuhan hidup itu sangat banyak. Jika penghasilan habis untuk membayar cicilan, maka tidak akan ada dana cadangan yang bisa dipakai untuk kebutuhan mendesak dan tiba-tiba.

Sesuaikan Jangka Waktu Kredit

Singkat atau panjangnya tenor kredit mobil baru tergantung pada pilihan masing-masing. Tidak ada yang salah ataupun benar jika memilih salah satu diantaranya. Salah satu cara mudahnya menentukan tenor ialah dengan melihat kemampuan finansial.

3. Jangka Waktu Kredit Panjang

Kredit mobil baru dengan tenor panjang akan mendapatkan cicilan ringan setiap bulannya tetapi jumlah bunga yang dibayarkan akan lebih tinggi dan nilai jualnya akan terdepresiasi saat cicilan sudah lunas.

Meskipun demikian, jangka waktu kredit panjang tetap bisa menjadi pilihan jika mempunyai pendapatan bulanan yang terbatas. Tenor kredit panjang juga bisa dimanfaatkan bagi yang ingin membeli mobil baru dengan harga mahal.

4. Jangka Waktu Kredit Pendek

Sedangkan untuk jangka waktu kredit pendek harus mempunyai uang muka yang besar atau di atas minimal persentase DP. Biaya angsuran per bulannya juga akan tinggi tetapi nilai jual mobil lebih bagus jika pemakaiannya singkat.

Apabila sudah mempunyai tabungan untuk DP dan penghasilan tiap bulannya tinggi misalnya 5 kali nilai cicilan per bulan, maka boleh saja mengambil tenor kredit pendek.

5. Pilih Platform Pembiayaan Kredit Mobil Baru yang Aman dan Terpercaya

Lakukan riset mendalam tentang platform pembiayaan kredit yang akan digunakan. Bandingkan perusahaan pembiayaan yang satu dengan yang lainnya. Jangan mudah tergiur dengan promo dan pengaruh pihak marketing pembiayaan.

Cara memilih platform pembiayaan kredit mobil baru yang tepat memang tidak mudah. Tapi yang paling utama dalam memilih platform pembiayaan aman dan terpercaya adalah dengan mengecek kredibilitasnya dan melihat bagaimana proses kreditnya.

kredit mobil baru 2022
kredit mobil baru 2022

SEVA yang merupakan platform pembiayaan mobil baru dari PT Astra Auto digital memiliki kredibilitas baik dan sudah dipercaya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Proses kreditnya sangat mudah melalui layanan online didukung dengan fitur Instant Approval.

Fitur ini sangat berguna bagi customer yang ingin mengajukan kredit sebab melalui fitur ini customer bisa melakukan pengecekan terhadap kondisi finansialnya dulu sebelum menentukan jenis mobil yang akan dibeli.

Cukup mudah bukan cara kredit mobil baru dengan cicilan ringan? Dengan menggunakan cara yang tepat untuk kredit mobil baru, maka tidak akan menjadi beban di kemudian hari. Tapi jangan lupa menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk pengajuan kredit agar proses kredit berjalan cepat.