Sutra adalah bahan busana yang relatif tidak murah. kita tentu tak mau gaun sutra kita terpaksa dibuang karena rusak akibat perawatan yang kurang cermat. Berikut ini merupakan beberapa panduan dasar dalam membersihkan, mengeringkan, menyetrika dan menyimpan busana sutra.

Sebagai salah satu bahan busana yang tergolong mahal, sutra mencerminkan keanggunan sensual yang mewah. Kilapnya dengan jelas menekankan kemewahan, sedangkan sifat anti debunya cukup praktis untuk dikenakan sesering mungkin. Hingga kini, banyak orang yang meyakini bahwa cara terbaik membersihkan busana sutra adalah melalui dry cleaning. Jika kamu juga melakukannya, selalu pastikan petugas dry cleaning tidak meletakkan busana sutra di antara busana-busana berbahan kasar. kita tak ingin bahan kasar dari busana lain merusak kemulusan sutra kita, kan?

Untuk perawatan yang lebih maksimal, sebaiknya membersihkan busana sutra dengan cara tradisional (membersihkan sendiri di rumah dengan cara dicuci dengan tangan). Sutra terbuat dari serat protein alami yang menyerupai rambut . Itulah sebabnya kita bisa membersihkannya dengan shampo. Pilihlah shampo yang tidak mengandung minyak atau petroleum karena nantinya dapat membuat permukaan sutra terasa lengket). Jangan direndam di dalam air (bahkan jangan pernah dicuci dengan mesin cuci), namun usap-usaplah dengan lembut. Gunakan air hangat agar pelapis (coating) sutra bersinar kembali.

Hal yang menguntungkan dari sutra adalah sifat anti debu dan noda. Namun bila menemukan noda yang susah dihilangkan, percikkan sedikit cuka dan gosok noda tersebut dengan jari sampai hilang. Untuk mengeringkan busana sutra , gulunglah dia dengan handuk dan tekan hingga air merembes keluar (jangan sekali-sekali memeras sutra kecuali kamu ingin seratnya menjadi rusak). Biarkan busana mengering di tempat berangin yang tidak terpapar sinar matahari. Ingatlah bahwa sinar matahari bisa membuat sutra menguning.

Lalu bagaimana bila ingin menyetrika busana sutra? Selalu balik busana sehingga bagian dalamnya berada di luar. Setelah itu lapisi dengan kain katun dan seterikalah dengan panas minimum. Penggunaan seterika uap cukup digandrungi akhir-akhir ini, tetapi kamu harus ekstra hati-hati, kalau tidak, seterika uap ini bisa meninggalkan bekas uap yang permanen di busana sutra kamu

Setelah mengetahui cara membersikan, mencuci, mengeringkan dan menyeterika busana sutra, kini kamu harus menyimpan busana sutra dengan cara yang tepat pula. Cukup sederhana. kamu harus menyarungkan busana sutra tersebut dengan sarungbantal berbahan katun. Katun berserat alami dan berpori sehingga memungkinkan busana sutra bernafas. Bayangkan bila kamu membungkus busana sutra itu dengan plastik. Tak saja ia menjadi lembab, sutra pun bisa berjamur!

comments