Bank bisa mengelola perusahaannya dengan baik, asalkan bank mengetahui beberapa hal yang ada kaitannya dengan  pengelolaan yang baik. Apakah  perlu bank mengelola perusahaannya sedangkan  mereka cukup memiliki modal untuk masa depan? Apapun jenis perusahaannya, pasti membutuhkan pengelolaan yang baik, ibarat Anda punya mobil, merawat dan menjaga mobil Anda dari masalah macet, bagian mobil rusak, hal ini pasti wajib Anda lakukan. Kalau mobil Anda sudah rusak berat, pastinya biaya untuk memperbaikinya  juga cukup  besar. Jadi, bank memang wajib untuk mengelola semua  hal baik operasionalnya maupun sumber daya yang ada didalamnya.

Apa saja yang dikelola bank?
Mengelola  sama halnya dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada di bank tersebut agar bisa menghasilkan  sesuatu yang bermanfaat untuk masa depan bank. Sumber daya yang ada di bank diantaranya adalah  sumber daya manusia dan juga  dana yang dimiliki bank. Manusia adalah elemen penting untuk memaksimalkan pengelolaan  dana. Sumber daya manusia memang memegang peranan penting bagi  perusahaan perbankan. Namun,kadang mengelola SDM ini  memang cukup sulit apalagi menyatukan  karakter manusia yang bermacam-macam.

Dapatkan artikel dan materi presentasi bagus tentang perbankan di www.AhliPerbankan.com 


Lalu, bank juga harus mengelola masalah dana yang dimilikinya, dana bank sangat penting untuk operasional. Tanpa dana tentu bank tidak bisa jalan, apalagi jika dana yang dimiliki semua berasal dari dana pihak lain. Seharusnya bank memang memiliki dana sendiri setidaknya 60% dari  seluruh dana yang dimilikinya adalah dana sendiri, jika semua dana pihak lain, bank akan merugi  pembayaran  bunga yang cukup tinggi.  Darimana bank mendapatkan dana  sendiri?   Para pemegang saham  bisa menyetorkan dana   saat pembentukan perusahaan,  dana tersebut harus dimanfaatkan dengan baik agar bisa menghasilkan  keuntungan yang besar. Dari keuntungan tersebut bank bisa mengelola dana untuk memaksimalkan modal yang dimilikinya.

Cara mengelola bank melalui SDM

Pertama kali bank harus mengelola  SDM yang dimilikinya, pengelolaan SDM ini  memang membutuhkan strategi yang tepat   agar didapatkan SDM yang handal dan professional. Dengan SDM yang handal, bank  akan lebih mudah menajlankan kegiatan operasionalnya  dan pada akhirnya  kelangsungan usaha bisa tetap terjaga.   Beberapa pengelolaan  SDM  perbankan diantaranya:

•    Pelatihan
Pelatihan mutlak diperlukan   kepada semua staff bank,  bank bisa memberikan pelatihan keapda staff secara teratur dengan mendatangkan trainer handal. Dengan pelatihan tersebut  SDM  bisa   mendapatkan pengetahuan dan  wawasan yang luas.
•    Peningkatan mutu pendidikan
Peningkatan mutu pendidikan bisa dilakukan oleh bank dengan mengirim beberapa  staff yang potensial untuk   kuliah kembali  pada perguruan tinggi yang ditentukan bank.
•    Motivasi
Motivasi kelihatannya  memang sangat sederhana, tapi mengandung makna yang cukup dalam dan bisa membawa perubahan yang  dasyat.  Manajer  ban bisa memberikan motivasi kepada semua staffnya  agar mereka  bersemangat dan lebih  protensial. Kadang  karena tekanan kerja staff menjadi kurang bersemangat dan akhirnya akan menggangu  tugas-tugas mereka.
•    Fasilitas yang baik
Fasilitas yang baik  kepada   staff perbankan, hal ini aka meningkatkan  kinerja mereka. Staff perbankan akan semakin  bersemangat untuk bekerja jika mereka mendapatkan fasilitas yang memadai dan  bisa memuaskan mereka.

Cara mengelola bank dengan  dana
Untuk mengelola bank agar tetap bisa beroperasi dengan baik, pengelolaan dana memang dibutuhkan. Pengelolaan dana bank dimaksudkan untuk mencegah  penggunaan dana yang tidak  bermanfaat. Dana yang dimiliki bank harus disalurkan kepada nasabah yang benar-benar memiliki  karakter baik dan memiliki jaminan yang cukup kuat untuk menutup   hutang ketika terjadi kemacetan. Penggunaan dana bank  yang tepat akan meningkatkan income  namun jika dana yang disalurkan kepada masyarakat  tidak tepat, bukannya  mendapatkan keuntungan, namun bank bisa mendapatkan kerugian.

Karena itu  penggunaan dana bank untuk  penyaluran kredit harus sesuai dengan  manajemen dana kredit yang  telah ditetapkan. Sedangkan penggunaan dana bank untuk membiayai kegiatan operasional bank, hal ini juga harus dikontrol dengan baik. Kebutuhan yang tidak begitu penting seharusnya tidak pelu dibiayai sebelum semua kebutuhan utama  tersebut bisa dibiayai. Pengelolaan bank tidak hanya sekedar mengelola kegiatan operasonal saja, namun semua komponen yang ada  dalam bank juga harus dikelola dengan baik agar  bisa memberikan manfaat.

comments