Kesehatan Anak adalah prioritas setiap orang tua, Anak yang sehat akan tumbuh dengan baik dengan berat badan dan tinggi yang sesuai dengan umurnya. Anak yang sehat juga menunjukkan ciri-ciri yang bisa diamati secara visual, antara lain adalah:

Perkembangan Anak Sesuai Usia
Perhatikan kemampuan motorik, kognitif dan sensorik anak yang merupakan tahapan dari perkembangan anak yang sesuai usia. Jika sampai ada tahapan yang terlewati, maka segera lah konsultasikan kepada Dokter.

Anak Aktif dan Gembira
Anak yang sehat akan senang bermain dan bergerak, sering memperlihatkan ekspresi wajah bahagia adalah tanda apabila anak tersebut sedang tidak merasakan sakit yang berarti.

Mata Bersinar
Mata anak yang sehat juga akan terlihat putih dan bersinar karena menunjukkan cara kerja kontak mata yang responsif.

Nafsu Makan Baik
Terlebih ketika masuk waktu makan, biasanya anak tersebut akan antusias. Pastikan bahwa anak tersebut tidak mengalami gangguan saat mengunyah.

Bibir dan Lidah Tampak Segar
Penampilan anak yang sehat akan terlihat segar, terutama pada lidah yang berwarna merah serta tidak ada bercak-bercak putih akibat jamur.

Rambut Bersih
Rambut yang sehat menandakan kulit kepala yang sehat pula. Rambut yang sehat juga tidak akan mudah rontok, kusam dan kulit kepala juga tidak mengelupas.

Anak Mudah Beradaptasi
Anak yang sehat tidak akan canggung dan mudah bermain dengan anak-anak lain ketika berada di luar rumah.

Berikut adalah upaya yang harus dilakukan orang tua agar anak selalu sehat:

1.Berikan Makanan Bergizi
Pastikan anak selalu mengonsumsi makanan yang bergizi dan penuh nutrisi karena sangat baik untuk kesehatan, baik untuk menu utama atau untuk camilan.

2.Mengurangi Makanan Tinggi Gula
Meskipun makanan dengan kandungan gula dapat merangsang keluarnya endorfin dan membuat tubuh rileks dan senang. Namun apabila tidak dibatasi, akan berakibat buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah menyebabkan obesitas.

3.Lakukan Imunisasi Teratur Sesuai Jadwal
Melakukan imunisasi sesuai jadwal adalah hal wajib demi membentuk imun yang baik pada anak.
Karena dengan imunisasi, daya tahan tubuh akan lebih kuat terhadap penyakit tifoid, influenza, polio, hepatitis A dan masih banyak pagi.

4.Berikan Istirahat Yang Cukup
Memenuhi kebutuhan tidur si kecil adalah satu cara efektif untuk menjaga kesehatan anak. Untuk anak usia 1-3 tahun, cukup 12-14 jam per hari. Dan untuk usia 4-6 tahun, butuh waktu sekitar 11-13 jam per harinya.

5.Ajarkan Untuk Mencuci Tangan Teratur
Karena mencuci tangan dengan sabun akan mencegah uman masuk ke dalam tubuh anak. Mengajarkan hal ini sejak kecil, akan membuatnya menjadi terbiasa untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh makanan.

comments