Beberapa orang mungkin tidak mengetahui bahwa mencuci tangan adalah faktor yang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Lalu kenapa sih kita harus mencuci tangan ?, Belum tahu alasannya? Ini dia.

1.Kuman Sangat Kecil, Tidak Bisa kita Lihat
Sifat mikroskopis memang dimiliki oleh bangsa bakteri, kuman dan virus. Itu artinya, kita tidak bisa melihat mikroorganisme ini hanya dengan mata telanjang. Perlu alat yang khusus untuk melihat keberadaannya. Jadi, meskipun kita tidak bisa melihat mereka, jangan anggap mereka tidak ada, ya.

2.Kuman Sumber Penyakit
Perpindahan kuman akan sangat cepat, terlebih jika kita jarang mencuci tangan setelah beraktifitas atau bersentuhan dengan benda kotor.

3.Cegah Penyebaran Kuman
Bisa saja kita menyentuh mulut, pipi, hidung atau mata tanpa sadar. Hal itulah yang membuat kuman cepat menyebar ke berbagai sisi tubuh. Jika teknik cuci tangan kita sudah benar, tentu hal tersebut akan menghalangi kuman untuk makin menyebar.

Beberapa bakteri yang sudah kita halangi bisa saja berupa MRSS penyebab infeksi, clostridium difficle penyebab diare dan ecoli yang mendalangi infeksi saluran kencing, terkadang juga ditemukan salmonela yang bisa mengakibatkan sakit perut atau mual.

Kapan kita perluĀ mencuci tangan?
Kita harus mencuci tangan sebelum melakukan aktivitas berikut:

  • sebelum makan dan menyiapkan makanan,
  • setelah memegang daging mentah,
  • sebelum dan setelah menyentuh orang sakit,
  • setelah menggunakan kamar mandi,
  • setelah batuk atau batuk,
  • setelah mengganti popok atau pembalut,
  • sebelum dan setelah tangan menyentuh dan mengobati luka,
  • setelah membuang sampah,
  • setelah menyentuh hewan atau kotorannya, dan masih banyak lagi.

Cara Cuci Tangan:
Cara mencuci tangan yang benar harus menggunakan sabun dan dibilas dengan air mengalir . Berikut adalah. 7 langkah cuci tangan yang sangat dianjurkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) :

1.Pertama, basahi tangan dengan air mengalir.
2.Gunakan sabun antibakteri seperti Lifebuoy Hand Wash yang efektif menghilangkan kuman.
3.Gosok-gosok tangan sampai sabun mengeluarkan busa.
4.Ratakan sabun ke seluruh tangan selama 20 detik. Gosok semua permukaan terutama punggung tangan, pergelangan tangan, jemari dan bawah kuku.
5.Bilas tangan hingga busa hilang
6.Keringkan tangan pakai handuk yang kering
7.Matikan kran menggunakan tangan yang telah dilapisi tisu agar kuman yang berada di permukaan keran tidak menempel lagi ke tangan.