Siapasih, yang tidak ingin memiliki tubuh langsing dan ideal? Banyak dari kaum hawa yang berjuang demi mendapatkan postur tubuh yang diimpikan. Hingga akhirnya mereka harus mencoba berbagai cara untuk menurunkan berat badannya. Namun sayangnya, karena keterbatasan pengetahuan, tidak sedikit yang terjerumus pada pola diet yang salah seperti halnya gaya hidup sekarang. Jangan dianggap mudah ya! Sebab diet yang dilakukan secara sembarangan  justru dapat membahayakan kesehatan.

Berikut Go Dok paparkan 7 bahaya diet tidak sehat yang harus Anda ketahui:

1. Berkurangnya massa otot

Kehilangan massa otot berpengaruh ketika Anda dipaksa untuk beraktivitas secara normal, tubuh yang kekurangan nutrisi –khususnya asupan protein- akan mengambil cadangan energi dari otot. Nah, hal inilah yang membuat massa otot perlahan berkurang. Dampaknya, bukan saja berat badan jadi lebih susah dipangkas, tapi tubuh Anda akan terlihat ‘menggelambir’ karena komposisi antara lemak dan otot yang tidak seimbang.

2. Timbulnya Selulit

Meskipun tidak berbahaya, namun timbulnya selulit dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Selulit sendiri muncul karena kulit kehilangan kealistisannya akibat tubuh yang kehilangan bobot secara signifikan. Biasanya, selulit akan muncul di beberapa area, seperti paha, perut, bokong, hingga lengan.

3. Rambut rontok

Bahaya diet tidak sehat yang selanjutnya adalah rambut rontok. Penyebabnya tidak lain karena kurangnya asupan nutrisi saat diet. Hal ini terbukti mempengaruhi kesehatan folikel rambut sekaligus menghambat proses regenerasi sel di kulit kepala.

4. Efek yoyo

Timbulnya efek yoyo. Ya, istilah yang mengacu pada peningkatan kembali berat badan ini memang umum sekali dialami oleh mereka yang secara brutal memangkas kebutuhan kalori harian saat menerapkan pola diet yang salah. Umumnya, efek yoyo diawali oleh kebiasaan diet ketat yang tidak memperhatikan kebutuhan kalori tubuh. Namun, hati-hati! Karena ketika diet tidak lagi dipraktikkan, tubuh akan kembali mengalami peningkatan berat badan –bahkan melebihi bobot awal.

diet sehat
diet sehat
5. Gusi berdarah dan kulit kering

Jangan salah mengartikan diet sebagai proses membatasi asupan makanan secara signifikan –termasuk di dalamnya konsumsi buah-buahan dan sayuran. Karena itulah, tidak heran jika salah satu akibat yang paling sering dikeluhkan adalah seringnya gusi mengeluarkan darah. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang kekurangan asupan vitamin C.

Hati-hati! Kekurangan vitamin C juga bisa membuat kulit Anda terlihat kering dan kusam, lho! Jadi, masih mau menjalani diet tidak sehat?

6. Gangguan makan

Baya selanjutnya, banyak yang mengabaikan gangguan makan –seperti bulimia dan anoreksia. Dua jenis gangguan makan ini biasanya muncul karena pelaku diet merasakan kewajiban untuk menjaga bobot tubuh agar tidak kembali naik. Karenanya, mereka menjadi lebih terpaku pada berat badan pada timbangan, bukannya kondisi kesehatan serta komposisi tubuh secara keseluruhan. Jika tidak ditangani dengan segera, bulimia dan anoreksia dapat menyebabkan malnutrisi, bahkan kematian.

7. Mengakibatkan depresi

Jangan kira diet serampangan tidak berpengaruh pada kondisi psikologis Anda! Karena faktanya, tubuh yang kekurangan asupan gizi akan menunjukkan beberapa gejala ketidakseimbangan hormonal yang berimbas pada memburuknya suasana hati (mood), emosi, dan gairah seksual.

Nah itu tadi 7 bahaya diet tidak sehat yang harus Anda ketahui. Selanjutnya, jangan salah untuk mendapatkan info tips diet sehat ya. Semoga bermanfaat!

comments