manfaat susu untuk balita
manfaat susu untuk balita

Masa balita adalah masa transisi yang penting dalam milestone kehidupan si kecil. Pada masa tersebut biasanya si kecil sudah lepas ASI dan mulai mengkonsumsi makanan berat. Namun masalahnya adalah banyak sekali balita yang susah makan dan pemilih. Untuk mencukupi nutrisinya, kita sebagai orang tua bisa memberikan susu.

Manfaat susu untuk balita banyak sekali diantaranya adalah membantu si kecil untuk tumbuh lebih kuat dan lebih sehat. Berikut adalah beberapa alasan kenapa susu baik untuk diberikan untuk balita.

1. Kita perlu memenuhi kebutuhan kalsium si kecil

Kita semua tahu bahwa susu kaya akan kalsium, yang membantu membuat tulang dan gigi anak kita lebih kuat dan sehat. Ini juga kaya akan mineral penting yang dibutuhkan untuk perkembangan tulang yang lebih baik.

“Tulang kita dapat dilihat sebagai ‘Bank Kalsium’. Jika kalsium tidak mencukupi, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang untuk digunakan di area tubuh lainnya. Jika ini terus terjadi, seiring waktu tulang bisa menjadi lemah dan rapuh yang dapat menyebabkan osteoporosis.”

Kalsium sangat penting untuk mendukung anak-anak kita saat mengalami lonjakan pertumbuhan yang biasanya terjadi di periode sekolah dasar dan remaja. Itu sebabnya semakin cepat mereka tumbuh, semakin banyak susu yang mereka butuhkan.

2. Susu membantu mata, otot dan saraf

Balita dan anak-anak pra-sekolah belajar untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan motoriknya. Mereka belajar bagaimana membaca dan menulis, bagaimana bergaul dengan anak-anak lain, dan mengembangkan imajinasi dan koordinasi mereka ketika mereka bermain. Beberapa dari mereka mungkin menemukan minat untuk olahraga, atau menguasai alat musik. Semua tugas ini melibatkan mata, otot, dan saraf.

Mereka membutuhkan Vitamin A untuk penglihatan yang baik, Vitamin B untuk sel darah merah yang sehat dan semangat, protein untuk energi dan perbaikan otot. Semua nutrisi tersebut dapat ditemukan dalam satu gelas susu.

3. Hidrasi sepanjang hari dan nutrisi

Orang tua dari anak-anak yang aktif akan setuju bahwa anak-anak kita berkeringat sepanjang hari karena terus-menerus melompat, merangkak, dan berlari! Mereka perlu minum setidaknya 8 gelas cairan sehari untuk menghindari dehidrasi. Beri mereka banyak air, dan minuman sehat seperti susu.

Susu memiliki lebih banyak nutrisi dan dapat disajikan dengan banyak cara. Tambahkan buah-buahan untuk smoothie yang menyegarkan dan mengenyangkan, bekukan menjadi es yang bisa mereka nikmati saat berjalan-jalan, tuangkan sereal atau tambahkan oatmeal untuk sarapan cepat, atau sajikan dengan kue untuk camilan sebelum tidur yang menyenangkan.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung yang Baik

Vitamin D, K dan kalsium dalam susu bermanfaat untuk kesehatan jantung. Ada penelitian bahwa minum susu dapat menurunkan penyakit jantung sebesar 22%.

Segelas susu sehari dapat membantu anak kita dalam banyak hal. Ini meningkatkan energi, melawan penyakit, dan membantu pertumbuhan dan perkembangan mereka. Mungkin tidak selalu mudah untuk mengembangkan kebiasaan minum susu, tetapi itu adalah salah satu hal terbaik yang dapat kita berikan kepada anak-anak kita.

comments

Artikel sebelumya3 Langkah Mudah Tracking Paket Pos Kilat  di PT. Pos Indonesia
Artikel berikutnyaRekomendasi Jasa Disinfeksi di Jakarta Terbaik
Seorang yang sangat suka dengan dunia internet, dan doyan nonton film korea.