Penerjemah Bahasa Inggris ke Indonesia adalah salah satu pekerjaan paling populer. Selain menulis konten, web developer atau virtual assisten, translator adalah pekerjaan yang populer karena mungkin dapat dengan mudah dilakukan secara online dan dari mana saja di dunia.

Pekerjaan satu ini juga tidak memerlukan banyak investasi, namun, dibutuhkan lebih dari sekadar fasih dalam dua bahasa untuk mendapatkan penghasilan penuh waktu.  Menariknya, untuk bisa menjadi seorang penerjemah bahasa Inggris sendiri tidak terlalu rumit, apa saja langkah-langkahnya?

Cara Menjadi Penerjemah Bahasa Inggris ke Indonesia

  1. Lancar Berbahasa Inggris

Jelas sekali, jika ingin menjadi seorang penerjemah, maka Anda harus benar-benar fasih bahasa Inggris sebagai bahasa kedua Anda. Ya, untuk bisa menjadi penerjemah maka Anda harus bilingual. Tingkatkan keterampilan bahasa Anda ke tingkat terbaik dengan rutin mengikuti kursus bahasa Inggris atau bisa juga belajar otodidak.

  1. Dapatkan Pengalaman

Jangan berharap mendapatkan pekerjaan terbaik dan bergaji tertinggi secara langsung jika ingin menjadi penerjemah. Anda perlu mendapatkan beberapa pengalaman terlebih dahulu. Cara menjadi penerjemah selanjutnya adalah dengan memulai dari pekerjaan yang lebih kecil.

Pengalaman akan membantu Anda merasakan bagaimana industri ini bekerja dan apa yang mampu Anda lakukan. Berikan kualitas terbaik, meskipun itu hanya pekerjaan kecil. Review yang baik dari klien pertama  atau sebelumnya bernilai lebih dari yang dapat Anda bayangkan.

  1. Dapatkan Sertifikasi Jika Perlu

Jangan lupa untuk mendapatkan sertifikasi karena ternyata hal itu akan banyak membantu Anda dalam mencari pekerjaan. Klien di masa depan mungkin saja ingin melihat apakah Anda memenuhi syarat untuk melakukan pekerjaan menjadi penerjemah.

Jika Anda ingin bekerja untuk agensi, mereka pasti akan melihat sertifikasi tertentu juga. Jadi rencanakan anggaran dan waktu untuk pelatihan sertifikasi, lakukan tes, dan tunggu hasilnya.

  1. Tingkatkan Keterampilan Anda

Tidak peduli seberapa berpengalaman atau terampilnya Anda, selalu ada ruang untuk lebih! Serap semua informasi yang bisa Anda dapatkan. Tetaplah up to date tentang perkembangan industri dan niche yang ada. Seperti halnya setiap pekerjaan, jangan pernah berhenti belajar dan meningkatkan keahlian Anda.

Jika ingin meningkatkan skill dalam berbahasa Inggris, maka bisa bergabung di English First sekarang juga! Anda bisa dapatkan kemampuan bahasa Inggris terbaik sebagai modal menjadi seorang penerjemah Bahasa Inggris ke Indonesia.