Daun sirih sudah lama dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, termasuk bagi kesehatan gigi. Daun ini dapat mencegah bau mulut, mengeraskan gusi dan membuat gigi lebih kuat. Di beberapa daerah Indonesia sendiri tradisi “nginang” yakni mengunyah campuran daun sirih dengan jeruk nipis, pinang dan tembakau yang telah terbukti sangat bagus bagi kesehatan gigi.

Mengenal Daun Sirih

Manfaat daun sirih sudah dikenal lama dalam khazanah pengobatan tradisional Nusantara. Daun sirih memiliki nama ilmiah piper betle, daun sirih merupakan tumbuhan yang cukup mudah untuk ditemukan di Indonesia. Daun Sirih tumbuh dengan cara menjalar atau bersandar pada batang pohon lain.

Sirih merupakan bagian dari Famili Piperaceae yang diperkirakan memiliki variasi dari 1.000-2.000 jenis. Di Pulau Jawa sendiri memiliki 23 jenis yang berbeda. Daun sirih termasuk tumbuhan yang mudah untuk ditanam karena dapat beradaptasi dengan lingkungan apapun mulai dari pantai hingga tanah pegunungan lebih dari 3.000 meter.

Daun sirih terdiri dari banyak jenis yang berbeda dan setiap jenis memiliki manfaat yang juga berbeda. Jenis-jenisnya ini adalah: sirih hijau, sirih merah, sirih gading, sirih perak, sirih bulu, sirih irian, dan sirih hitam. Di antara jenis daun sirih di atas, sirih merah dan sirih hijau paling banyak ditanam masyarakat sebagai tanaman hias sekaligus tanaman herbal.

Manfaat Daun sirih ini tidak lepas dari betapa kayanya kandungan berkhasiat antara lain minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylpyrokatekol, cyneole, caryophyllene, cadinene, estragol, terpennena, seskuiterpena, phenyl propane, tanin, dan diastase. Selain itu juga mengandung zat yang bermanfaat untuk meringankan mimisan, luka bakar ringan, bronkitis, alergi, sakit perut, batuk, mengurangi diabetes, dan obat asam urat.

Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Manfaat daun sirih untuk gigi diantaranya mampu menahan bakteri perusak gigi, misalnya Aggregatibacter actinomycetemcomitans dan Porphyromonas gingivalis. Kandungannya mampu membantu mengatasi bau mulut dan menguatkan serta merawat gusi, gigi, dan mulut. Zat aktifnya juga mampu membunuh kuman penyebab plak dan mengurangi gusi berdarah.

Selain itu, Penelitian telah menunjukkan bahwa daun sirih memiliki sifat antiulcer yang dapat membantu menyembuhkan sariawan.

Untungnya saat ini kita tidak perlu repot lagi mengolah daun sirih karena telah banyak produk yang memiliki kandungan daun sirih dapat ditemukan. Pasta Gigi Pepsodent Action herbal adalah salah satu yang sangat rekomended.

Daun Sirih Untuk Meningkatkan Pencernaan

Mengunyah daun sirih dapat membuat kelenjar ludah kita lebih aktif, yang menghasilkan sejumlah besar enzim yang membantu mengatasi gangguan pencernaan. Pada saat yang sama, daun sirih memiliki sifat antioksidan, yang menghilangkan radikal bebas berbahaya dan racun dari sistem pencernaan. Ini juga mengurangi dan mengontrol keasaman yang terjadi karena ketidakseimbangan pH di perut, mengurangi gas dan sembelit. Ini juga membantu dalam meningkatkan nafsu makan.

Meredakan Pilek Dan Batuk

Daun sirih membantu meringankan masalah kesehatan ringan seperti batuk, radang tenggorokan, dan asma. Daun Sirih memiliki sifat antibiotik yang bisa meredakan dahak. Berkumur dan berkumur dengan air yang telah direbus dengan daun sirih baik untuk masalah tenggorokan.

Diuretik yang baik

Daun sirih dianggap sebagai diuretik yang baik. Meminum air rebusannya sangat bermanfaat bagi mereka yang menghadapi masalah kurang buang air kecil.

Meredakan Pembengkakan

Daun Sirih memiliki kandungan Bahan kimia yang disebut Phenol yang bisa ditemukan dalam minyak yang diekstrak dari daun sirih. Ini membantu dalam meredakan peradangan atau pembengkakan pada persendian yang disebabkan oleh radang sendi.

Bermanfaat Dalam Diabetes

Daun Sirih bermanfaat dalam menangani diabetes. Karena dapat membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Nah itulah beraga manfaat yang dimiliki oleh daun sirih. Mulai dari kesehatan gigi hingga membantu untuk meredakan diabetes, daun sirih adalah tanaman herbal yang telah sejak lama terbukti memiliki khasiat yang bagus bagi kesehatan.