foto-air-mata-ummi-4 

SUKSES dengan sinetron “Tukang Bubur Naik Haji The Series”, RCTI menghadirkan “Air Mata Ummi” yang juga bernuansa Islami.

Jika Tukang Bubur Naik Haji bergenre komedi-religi, sinetron yang dibintangi Widyawati ini menawarkan konflik keluarga yang rumit.

Air Mata Ummi berkisah tentang perjalanan panjang seorang Ustadzah, Ummi Salamah (Widyawati Sophiaan), yang penuh haru-biru kehidupan dengan kelima orang anaknya, Haikal (Atalarik Syach), Fariz (Fathir), Najwa (Nadia Almira), Yusuf (Lucky Perdana), dan Alya (Nimaz Dewantary).

Masalahnya sebagai seorang janda, datang hilir mudik tanpa henti, seiring beratnya jalan dakwah yang dia lalui. Ummi Salamah tak pernah mengira, bahwa kehidupannya sebagai ustadzah dengan menyandang gelar janda akan membawa banyak petaka. Ummi berusaha menjadi wanita perkasa, wanita yang tegar menghadapi kerasnya jalan kehidupan, sekaligus juga beratnya jalan dakwah yang mesti ia lalui sebagai ustadzah, sosok panutan ummat.

Hidup bukanlah hidup bila tidak menyimpan misteri. Dan satu persatu misteri kehidupan itu pun singgah pada rumah tangga Ummi Salamah yang timpang tanpa sosok suami. Haikal, sebagai anak pertama karakternya mulai banyak berubah karena dipengaruhi oleh istrinya, Sabrina (Tsania Marwa). Sabrina seorang artis, sehingga lama kelamaan, Haikal pun terbawa pola kehidupan artis. Sebagaimana Ummi, Haikal menjadi sosok ustadz yang cukup dikenal juga. Haikal justru malah mendapat gelar baru, Ustadz Seleb. Haikal selalu ingin tampil di depan kamera, muncul di layar TV, tidak peduli dengan masalah apa yang ia bicarakan di TV tersebut.

Fariz, anak kedua dan yang mengalami kekecewaan berat sepeninggalan ayahnya. Ia berubah menjadi sosok yang makin dingin saat menghadapi kenyataan, bahwa Haikal sang kakak yang pernah ia idolakan pun menjadi sosok yang mengecewakan bathinnya. Fariz mulai terjerumus ke dunia perjudian, mabuk-mabukan dan wanita malam. Hal ini membuat Sarah (Fera Feriska) geram sekali pada Fariz, tetapi ia selalu bersabar, karena ia tidak ingin mengecewakan Ummi.

Anak ketiga Ummi, Najwa meiliki sifat yang agak labil. Ia sulit ditebak dan kadang mengejutkan, kadang baik dan sangat baik, namun suatu ketika ia bisa berubah menjadi sangat jahat. Rupanya, sifat Najwa lebih banyak dipengaruhi oleh kekasihnya, Zacky (Bobby Joseph), seorang playboy pengangguran dan penjahat kambuhan bertampang keren. Namun Najwa sudah sangat mencintai Zacky. Padahal Najwa tidak tahu kalau dibelakang Najwa, Zacky memiliki banyak kekasih.

Hanya Yusuf yang menjadi pelipur lara Ummi. Yusuf dekat dengan Ummi karena Yusuf-lah yang menjadi pengawal kemanapun Ummi pergi berdakwah. Yusuf juga yang menjadi sopir, karena Ummi tidak mau memakai sopir pribadi. ia juga yang menjadi manajer, mengatur jadwal ceramah ibunya setelah sebelumnya hal itu dilakukan Haikal.
Yusuf sangat tampan, dia menjadi pesona para gadis. Dan gadis yang sangat menggilai Yusuf adalah Kikan (Gisela Cindy), teman sekolah Alya, adik Yusuf. Tapi Yusuf tidak mencintai Kikan. Penolakan ini berbuah sakit hati pada Kikan. Ia lalu menyebar gossip yahng tidak baik tentang Yusuf, dan menghasut Alya untuk mengikuti gaya hidupnya yang selalu hura-hura.

Akhirnya, Alya hidup terjebak dengan glamor kehidupan teman-temannya. Ia menjadi sosok gadis remaja masa kini yang lengkap dengan segala problematikanya: narkoba, pergaulan bebas, minuman keras dan lain sebagainya. Alya sering tidak ada di rumah, dan tentu saja hal ini menjadikan rumah tangga Ummi sebagai bahan gunjingan terlaris para tetangga. Alya sempat menjalin hubungan asmara dengan personil boyband, Dhany (Farizh Nahdi). Dhany sendiri tidak tulus mencintai Alya. Ia hanya berharap karir boybandnya ikut terdongkrak jika pacaran dengan anak dai kondang.

Perilaku Alya ini pernah dimanfaatkan Eti (Enno TB), istri dai Ustadz Baran (Eddie Riwanto), untuk menjatuhkan reputasi Ummi sebagai ustadzah. Eti selalu mencari peluang apa pun demi menjatuhkan karir Ummi dan menghancurkan keluarganya. Eti melakukan ini di luar pengetahun Baran. Di depan suaminya, Eti hanya selalu bicara tentang kenapa Ummi bisa melejit, sedangkan Baran tidak? Usaha Eti ini sebenarnya dilakukan agar suaminya bisa naik daun menggantikan Ummi. Eti berpikiran, kalau suaminya melejit, maka akan banyak order, dan kalau banyak order, maka akan banyak uang. Padahal, suaminya sendiri tidak terobsesi. Eti ini akan jadi tokoh yang menyebalkan, licik dan keji.

Semua masalah yang terjadi pada anak-anak Ummi, tertuju dan kembali kepada Ummi Salamah sebagai sosok panutan. Caci dan umpatan orang dan tetangga bertebaran dimana-mana, bagaimana mungkin sosok Ustadzah memiliki anak-anak yang hancur kehidupannya? Ummi sempat mengalami stres berat. Tetapi ia selalu berusaha tetap berada di jalan dakwah yang telah dipilihnya. Keputusan Ummi pun didukung oleh sahabat dekatnya, HJ. Maimunah (Neno Warisman).

Lalu bagaimanakah Ummi menghadapi semua itu?

“Air Mata Ummi” disutradarai oleh H. Ahmad Yusuf. Yanti Puspitasari bertindak sebagai penulis cerita dan skenario. Sinetron produksi SinemArt ini juga didukung oleh Handika Pratama, Krisna Mukti, dan Heidy Renata.

“Air Mata Ummi” mulai tayang Senin, tanggal 18 Juni 2012, setiap hari pukul 21.00 WIB di RCTI.